Dimulai dari pertengahan tahun 2021 Tim Task Force ICT (Information Communication and Technology) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerja sama dengan developer (pihak ketiga) telah mengembangkan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang diberi singkatan SIMPELMAS. Sistem informasi ini merupakan salah satu dari total 35 pengembangan sistem informasi terintegrasi yang ada di lingkungan UMBY.
SIMPELMAS telah dioperasikan di UMBY mulai pada awal Semester Genap 2022/2023. Akan tetapi serah terima aplikasi dilaksanakan pada Sabtu,14 Mei 2022 di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY. SIMPELMAS diserahterimakan dari Tim Task Force ICT UMBY bersama developer kepada UMBY, dalam hal ini Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3MK) dilaksanakan. Pihak UMBY diterimakan oleh Rektor UMBY, Dr Agus Slamet, S.TP, MP dan Kepala P3MK, Awan Santosa, SE, M.Sc.
Kepala Biro ICT UMBY, Albert Yakobus Chandra, S.Kom., M.Eng., MTA., MCE, mengatakan SIMPELMAS ini dikembangkan dengan menerapkan teknologi-teknologi informasi terupdate, dengan menggunakan basis framework laravel dan application programming interface (API) lumen. “Sistem ini dibangun dengan integrasi antar sistem terkait. Sehingga hal ini memudahkan para pengguna sistem, baik itu dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat menggunakan satu akun untuk semua sistem yang ada di UMBY,” terang Albert.
Lebih lanjut Albert menjabarkan bahwa apliaksi ini memiliki banyak fitur-fitur untuk mendukung operasional di UMBY. Selain membantu Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3MK) dalam memanajemen kegiatan penelitian dan pengabdian di lingkungan UMBY, aplikasi ini juga membantu dalam memanajemen luaran-luaran yang dihasilkan oleh seluruh dosen di lingkungan UMBY. Fitur-fitur pelaporan untuk membantu operasional P3MK juga tersedia. Selain itu SIMPELMAS sendiri memiliki fitur pelaporan terkait kegiatan penelitian dan pengabdian yang sesuai dengan kebutuhan laporan akreditasi.
Rektor UMBY, Dr Agus Slamet, S.TP., MP., berharap kedepan dalam berbagai kegiatan baik ditingkat prodi, fakultas maupun universitas dapat dengan mudah menyediakan pelaporan-pelaporan melalui aplikasi yang dikembangkan oleh tim ICT. “Aplikasi yang dikembangkan tim ICT mempermudah dalam penyediaan laporan dan arsip data dapat dikelola dengan baik, sehingga ketika dibutuhkan saat akreditasi telah siap digunakan,” ujar Agus Slamet.