Tim PkM UMBY Beri Pelatihan H5P di SK Dato’ Sagor Malaysia
22 Nov 2023
213
by Farida Dian Farida Dian

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan kegiatan pelatihan kepada guru-guru di Sekolah Kebangsaaan (SK) Dato’ Sagor, Perak Tengah, Malaysia pada hari Rabu, 15 November 2023 secara hybrid. Pelatihan berjudul “H5P Framework Training for Learning Videos with Quiz for Teacher’s in Malaysia” ini diketuai oleh Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd. dan beranggotakan Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd., dan Sarah Vega Ramos, MEAL dari University of Southern Mindanao Philippines.

Seperti kita ketahui bersama, dalam era digital yang terus berkembang, pendidikan online menjadi semakin penting. Sehingga, untuk mendukung pendidikan interaktif dan inovatif tim PkM UMBY menyelenggarakan pelatihan H5P yang bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada para pendidik dan creator konten di Malaysia membuat pembelajaran interaktif dengan kuis.

“H5P adalah platform sumber terbuka yang memungkinkan pembuat konten menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik. Pelatihan ini memberikan pemahaman mendalam tentang cara menggunakan H5P untuk menciptakan video pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga melibatkan peserta didik dengan kuis interaktif,” ungkap Nanang Khuzaini, S.Pd.Si., M.Pd.

Pelatihan yang digelar secara hybrid melalui platform Zoom Meeting dan secara offline di Sekolah Kebangsaan Dato’ Sagor Malaysia dihadiri oleh 25 guru dari sekolah tersebut didampingi oleh Khairul Nizam bin Ahmad dari Pegawai Perkhidmatan Pendidikan Siwazah, Jawatan Latihan, Perak Tengah Malaysia.

“Pelatihan ini diawali dengan pengenalan H5P yaitu memahami konsep dasar dan potensi H5P dalam membuat konten interaktif, desain video pembelajaran, integrasi kuis interaktif, optimasi pengalaman pengguna, pelacakan dan analisis. Harapan kami, melalui pelatihan ini para guru di Sekolah Kebangsaaan Dato’ Sagor mampu merancang dan membuat video pembelajaran interaktif dengan integrasi kuis dalam video pembelajaran,” jelas Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T. selaku narasumber pada pelatihan ini.

Pelatihan yang digelar oleh tim PkM UMBY ini memperoleh respons positif dari guru disana. Menurut En. Mohd Faizul Bin Hamzah salah satu guru di sana mengungkapkan bahwa pelatihan ini telah memberinya wawasan mendalam tentang potensi besar H5P Framework dalam menciptakan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik.

“Pelatihan yang diberikan oleh tim PkM UMBY telah menjadikan kami memiliki fondasi yang kokoh untuk mengembangkan konten interaktif menggunakan H5P. Kami belajar merancang video pembelajaran yang efektif dengan tujuan yang jelas. Ini membantu kami membuat konten yang lebih terstruktur dan relevan untuk perserta didik, apalagi highlight dari pelatihan ini adalah membuat kuis yang terintegrasi dengan video pembelajaran. Sungguh, ini memberikan dimensi baru pada pengalaman pembelajaran digital,” ujarnya.

Diakhir sesi, tim PkM memberikan angket sebagai evaluasi dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan. Hasil dari angket menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman guru terhadap platform H5P. Para guru peserta kegiatan sudah dapat mengembangkan konten video pembelajaran terintegrasi kuis berbantun H5P dan berharap adanya pelatihan lagi dengan topik yang berbeda.