Pandemi tak kunjung usai, bukan berarti kita harus duduk manis berpangku tangan dirumah. Banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Kelompok 6 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).
Mahasiswa terjun langsung ke masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada selama pandemi. Salah satunya kecanduan gadget pada anak. Dengan situasi saat ini tidak mungkin bisa memisahkan gadget dengan anak, gadget menjadi kebutuhan yang sangat menunjang bagi study anak.
Kelompok 6 KKN UMBY memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak Padukuhan clawer, Pakanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo.
“Proker ini bertujuan untuk mengurangi intensitas bermain gadget pada anak dan melestarikan permainan tradisional,” kata Penanggung jawab program Wahyu Nurul Hikmah.
Adapun permainan tradisional yang diperkenalkan ialah permainan bola bekel, congklak, kelereng, lompat tali, egrang batok kelapa, telepon kaleng bekas.
“Permainan yang diperkenalkan merupakan permainan yang dapat dilakukan secara individu atau kelompok kecil. Seperti congklak dapat dilakukan 2 orang, anak dapat bermain dengan orang tua atau saudara dirumah,” Terang Wahyu
Mahasiswa UMBY melaksanakan Kuliah kerja nyata sejak 23 Juli 2021 hingga 27 Agustus 2021 mendatang. Sederet program kerja telah dilaksanakan di Padukuhan Clawer dengan bimbingan Dosen Pendamping Lapangan Ardhika Falaahudin, S.Pd.Jas., M.Or. AIFOP dan berkoordinasi langsung dengan aparat setempat yaitu Kepala Dukuh Clawer Sugiyanto
Pengenalan permainan tradisional merupakan program unggulan kelompok 6 yang diharapkan mampu meminimalisir kecanduan gadget pada anak.
“Pengenalan permainan tradisional dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Wahyu
Selain program tersebut, kelompok 6 juga melakukan berbagai program kerja yang dapat diikuti di instagram kelompok 06, kkn06_umby