Dalam keadaan Pandemi Covid-19 saat ini telah membuat terjadinya penyesuaian di setiap aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Pandemi Covid-19 telah membuat mayoritas sektor ekonomi terutama UMKM menjadi stagnan. Eksesnya mayoritas pelaku UMKM tidak bisa berkembang dan banyak yang berakhir pada kebangkrutan. Hal inilah yang membuat, pelaku usaha UMKM mengubah strategi penjualan melalui skema digitalisasi. Skema digitalisasi yakni dengan memanfaatkan market place (perantara) dan menggunakan media sosial sebagai teknik pemasaran. Selain itu pelaku UMKM digital harus dapat bersinergi dengan warganet dalam pemasaran produk dan jasa. Dengan demikian skema pengembangan UMKM digital dapat menjadi salah satu alternatif menyelamatkan pelaku usaha di tengah Pandemi Covid-19.
Warga Padukuhan Jayan memiliki cukup banyak UMKM, dari bidang industri pangan, seperti jajanan pasar,dan makanan ringan hingga bidang jasa yaitu body painting kendaraan. Berdasarkan permasalahan umum yang terjadi pada UMKM akibat Pandemi Covid-19, kelompok KKN 48 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan program strategi pemasaran yang baik dalam upaya meningkatkan kembali penjualan serta pendapatan para pelaku UMKM.
Dalam kesempatan ini, KKN-PPM Kelompok 48 (UMBY) menyelenggarakan kegiatan berupa webinar dengan mengusung tema “Strategi Membangun UMKM Kreatif dan Inovatif Menggunakan Digital Marketing”. Webinar ini diselenggarakan secara online dari narasumber dan didatangi oleh peserta yang dikumpulkan secara offline bertempat di rumah Bapak Dwi Nurrohmat selaku Kepala Dukuh Jayan. Narasumber untuk mengisi acara webinar ini adalah dosen jurusan manajemen UMBY, yaitu Bapak Busthanul Arifin, SE., MM. dengan penyampaian materi secara online
Berdasarkan survey yang dilakukan oleh kelompok 48 KKN-PPM menyatakan bahwa pelaku UMKM di Padukuhan Jayan, Kelurahan Canden, Kapanewon Jetis, Bantul, DIY memiliki permasalahan yang sama, yaitu omzet menurun akibat pandemi Covid-19. Melalui acara webinar ini, diharapkan pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya. Penyelenggaraan webinar UMKM ini dilaksanakan dengan narasumber menjelaskan tips dan keuntungan memakai digital marketing sebagai media pemasaran untuk UMKM di masa pandemic.
“Disaat Pandemi seperti ini penting untuk mencoba hal baru atau strategi baru.prinsipnya adalah semakin cepat mencoba semakin cepat kita ketemu salah, semakin cepat salah, semakin cepat kita belajar, semakin cepat tahu ketika sudah mulai akan ada hasilnya. berhasil atau belajar yang harus kita yakini makin lama kita akan makin canggih pengalamannya, pengetahuannya, kompetensinya,” ungkap Bapak Busthanul Arifin, SE., MM
. Setelah penyampaian materi, peserta cukup aktif menanyakan terkait tips memasarkan produk dari kendala yang dialaminya selama memasarkan produk di era pandemi, salah satunya Ibu Sunarsih yang menjual produk home industry makanan ringan mendapat kan pengetahuan dan ide baru dalam mepromosikan produk usahanya secara online.
Dengan adanya webinar tentang Strategi Membangun UMKM Kreatif dan Inovatif Menggunakan Digital Marketing” dapat membantu warga yang memiliki UMKM di dusun Jayan dapat tetap berdagang di tengah keterbatasan dimasa pandemi seperti saat ini dengan memanfaatkan Digital Marketing.