Wujudkan Sociopreneur, UMBY Luncurkan Aplikasi UMKM
01 Jul 2024
553
by Fitriana Fitriana

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Bagian Inovasi dan HKI yang bekerja sama dengan PT. Appsku Aplikasi Indonesia melakukan launching Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) UMBY di Sport Center UMBY, Jl. Wates Km. 10, pada Jumat (28/06/24). Dalam hal ini yang akan bekerja sama secara langsung dengan UMBY yakni Rumah Aku.  Rumah Aku merupakan kantor cabang dari PT Appsku yang berlokasi di Yogyakarta dengan fokus sebagai wadah para UMKM dalam mengembangkan bisnis. Rumah Aku sendiri menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang para pelaku UMKM, seperti permodalan, teknis pengelolaan toko online, branding produk, hingga pelatihan secara gratis.

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, S.TP., MP., MCE., menerangkan peluncuran aplikasi UMKM Appsku UMBY merupakan salah satu langkah nyata UMBY menuju kampus sociopreneurship.

 

“Visi sociopreneur yang dibentuk UMBY merupakan ciri khas atau keunggulan dari para lulusan kami,” terang Agus Slamet.

 

Tri Harso Wibowo, salah seorang koordinator Rumah Aku menjelaskan marketplace kampus ini dapat digunakan seluruh civitas akademika UMBY untuk membeli, menjual, dan bertukar barang serta jasa dengan mudah dan aman. Produk yang ditawarkan pada aplikasi tersebut bervariasi sehingga pembeli diberikan kemudahakan dalam pemilihan sesuai kebutuhan.

“UMBY merupakan perguruan tinggi pertama yang bergabung bersama kami di aplikasi ini guna mengembangkan sisi entrepreneurship, sehingga ini mendorong kampus UMBY menuju kampus sociopreneurship,” terang Tri Harso Wibowo.

 

Kepala Bagian Inovasi dan HKI, Putri Taqwa Prasetyaningrum, ST., MT., MCE., MCF., berharap melalui peluncuran aplikasi UMKM Appsku UMBY akan semakin banyak entrepreneur yang dapat mengakses informasi terbaru dan berguna untuk mengembangkan bisnis mereka.

 

Azfa Mutiara Ahmad Pabulo, SE., MEK, CAP., Koord. Inkubator Bisnis UMBY menyampaikan bahwa marketplace UMBY menyediakan berbagai produk mulai dari buku, perlengkapan kuliah, hingga makanan dan minuman yang dapat diakses dengan mudah dan efisien. Hal ini sesuai dengan trend sekaligus mendukung ekosistem wirausaha mahasiswa dan civitas akademika UMBY, sekaligus sebagai  peluang bagi mahasiswa dan komunitas kampus untuk berwirausaha.

 

“Marketplace UMBY dapat menjadi platform untuk berkolaborasi dan berinovasi sehingga memungkinkan ide dan kreasi mahasiswa untuk lebih dikenal dan diapresiasi oleh publik,” jelas Azfa.