UMBY Terima Kunjungan SMK 1 Temanggung, Siswa Belajar Olah Kunir Putih
09 May 2023
312
by Admin Demo

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menerima kunjungan dari siswa-siswi Jurusan Agrobisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMK Negeri 1 (STM Pembangunan) Temanggung pada Senin (8/5/23) lalu. Di ikuti oleh 178 siswa dan 20 guru pendamping, kunjungan industri tersebut dilaksanakan dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Seminar UMBY, diawali dengan penjelasan terkait perkuliahan di UMBY, tour campus melihat peralatan laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian Fakultas Agroindustri kemudian dilanjutkan mengunjungi CV. Windra Mekar yang tidak jauh dari kampus UMBY.

Prof. Dr. Ir. Dwiyati Pujimulyani, M.P., Kaprodi Teknologi Hasil Pertanian sekaligus Direktur CV. Windra Mekar, menyambut hangat kedatangan para siswa dan guru pendamping dari SMK Negeri 1 Temanggung. Prof. Dwiyati menyatakan bahwa kunjungan industri dari SMK Negeri 1 Temanggung ke Fakultas Agroindustri dan CV. Windra Mekar bukan kali pertama dilakukan, namun sudah beberapa kali.

CV. Windra Mekar merupakan produsen dari produk hilirisasi penelitian kunir putih untuk pengabdian masyarakat. Kunir putih dapat membantu menormalkan kolesterol, trigliserid, diabetes, hingga asam urat.

“Produk dari industri kami merupakan wujud hilirisasi penelitian yang sudah kami lakukan selama 20 tahun, dan sudah banyak masyarakat merasakan manfaat dari konsumsi kunir putih, salah satunya dapat meningkatkan daya imun tubuh”, ujar Prof. Dwiyati.

Prof. Dwiyati juga menceritakan kisah perjalanan merintis usaha kunir putih yang awalnya memproses kunir putih dijadikan bubuk dengan proses packing sendiri, kini berhasil menjadi direktur CV. Windra Mekar dan mampu memberdayakan masyarakat sekitarnya.

“Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi siswa kami untuk belajar tentang produk herbal yang selama ini dipelajari dan dipraktekkan, terutama produk simplisia. Siswa menjadi memiliki wawasan yang lebih luas terkait dengan hasil olahan produk herbal,” ujar Siti Nur Azizah, salah satu guru SMK 1 Temanggung.

Terakhir, Prof. Dwiyati memberikan buku “Penggembala Itik menjadi Profesor” yang merupakan karyanya untuk para siswa yang aktif bertanya saat kegiatan berlangsung. Hal ini untuk menambah semangat para siswa rajin belajar agar sukses. Selain itu direktur CV Windra Mekar juga memberikan 2 buku karangannya dengan judul “Kunir Putih Jenis Mangga Senjata Ampuh Jaga Kesehatan Pascapandemi” agar bisa dibaca di perpustakaan SMK N 1 Temanggung.