Laboratorium Multimedia Pembelajaran Matematika merupakan laboratorium dibawah naungan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Laboratorium Matematika memiliki visi dan misi sebagai wadah untuk pengembangan kompetensi multimedia pembelajaran demi terwujudnya program studi yang unggul dan bermutu dalam menghasilkan pendidik profesional dan dijiwai nilai-nilai edupreneurship. Oleh karena itu, banyak program kerja yang digagas oleh laboratorium ditujukan untuk mahasiswa dan masyarakat secara luas berkaitan dengan pemanfaat dan pengembangan multimedia pembelajaran matematika.
Saat ini pembelajaran di sekolah masih dilaksanakan secara hybrid. Untuk itu, laboratorium matematika UMBY memiliki inisiatif untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa dan guru sekolah menengah berkaitan dengan bahan ajar dan media pembelajaran yang dibutuhkan saat pembelajaran sistem hybrid berlangsung. Pelatihan-pelatihan ini telah memasuki seri ketiga, dimana untuk seri pertama yaitu pelatihan Learning Management System (23/10/12), seri kedua Pelatihan Pembuatan Komik Matematika (20/11/12). Sedangkan untuk pelatihan seri ketiga yaitu “Pelatihan Pembuatan Liveworksheet Matematika”. Jumat (17/12/12).
Pelatihan-pelatihan yang diadakan masih dilaksanakan secara daring mengingat kondisi masih belum kondusif untuk diadakan secara offline. Ditemui di Laboratorium Multimedia Pembelajaran Matematika, Gedung FKIP UMBY Lantai 1, Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. selaku Kepala Laboratorium mengungkapkan bahwa pelatihan selalu diadakan menggunakan Zoom Meeting milik laboratorium.
“Untuk pelatihan kali ini diikuti oleh mahasiswa UMBY, bahkan diikuti oleh 30 guru sekolah menengah dari SMA Bina Indonesia Gemilang, SMP N 3 Depok, SMP N 17 Depok, SMP N 18 Depok, SMP N 23 Depok, SMP Arrahman Depok, SMP Taruna Bhakti, SMPIT Al Haraki, SMP PGRI Depok Tengah, SMP Al-A’raf Indonesia, SMP Avicenna Cinere, dan SMPIT Darul Abidin”, tutur Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd.
Untuk pelatihan kali ini, Sevina Indriani selaku Pembicara Pelatihan dan asisten laboratorium mengungkapkan bahwa pelatihan pembuatan liveworksheet ini dimaksudkan agar mahasiswa dan guru sekolah menengah dapat membuat bahan ajar menjadi lebih interaktif secara online.
“Sehingga harapan kami setelah pelatihan berlangsung mahasiswa dan guru sekolah menengah dapat mengembangkan dan membuat liveworksheet untuk pembelajaran matematika di sekolah”, ucap Sevina Indriani
Saat acara berlangsung, mahasiswa dan guru sangat antusias dan dapat mengikuti langkah-langkah pembuatan liveworksheet, terbukti selesai acara peserta telah menghasilkan liveworksheet sederhana secara mandiri.