Kuliah Kerja Nyata - Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 69 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), telah resmi diterjunkan untuk melakukan kegiatan KKN selama 1 bulan mulai 21 Januari 2023 sampai 19 Februari 2023 di UMKM Bakpia Menuk, Sabtu (21/01/2023).
Penerjunan dihadiri oleh Ginanjar Nugraheningsih S.Pd. Jas., M.Or. selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 69, serta Ibu Nurhayati selaku pemilik dari UMKM Bakpia Menuk.
Ginanjar Nugraheningsih S.Pd. Jas., M.Or. selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 69 menyampaikan, semoga dengan adanya kegiatan KKN ini dapat memberikan manfaat bagi UMKM Bakpia Menuk.
“Harapannya, program kerja yang dilaksanakan juga diharapkan dapat berjalan sesuai rencana dan tujuan dari program kerja tersebut dapat tercapai,” harapnya.
Sementara itu, Pada Minggu (22/01/2023), Kelompok Kuliah Kerja Nyata-Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tematik 69 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mulai menjalankan program kerja di PT Cahaya Cipta Food yang memiliki merk dagang Bakpia Menuk. Program yang dilaksanakan yaitu melakukan promosi produk Bakpia Menuk di kawasan Jalan Malioboro dengan cara Hard Selling.
Hard selling adalah strategi penjualan yang menggunakan kata-kata yang menciptakan terjadinya transaksi dalam waktu singkat. Hard selling juga sering disebut dengan penjualan langsung. Lokasi pelaksanaan hard selling yang dilakukan oleh Kelompok KKN 69 bertempat di Toko Punokawan (Punokawan Mart) yang sudah bermitra dengan Bakpia Menuk. Toko Punokawan sendiri berlokasi di Jl. Malioboro No.37, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271.
Dalam pelaksanaan promosi tersebut anggota Kelompok KKN 69 menjajakan langsung produk-produk Bakpia Menuk kepada wisatawan yang melewati depan Toko Punokawan. Hard Selling yang dilakukan oleh anggota Kelompok KKN 69 berfokus pada promosi produk Bakpia, Almond Crispy, dan Pie Susu.
Lanjutnya, adapun bagi wisatawan yang tertarik dapat mencicipi tester bakpia mulai dari rasa kacang hijau, keju, dan coklat yang sudah disediakan. Selain itu terdapat pula promo beli 2 dapat 3 untuk varian Cripy Almond dan promo 100 ribu dapat 5 box untuk varian Pie Susu.
Wakil Ketua Kelompok 69 yaitu Weningati Kusumo Wahyu mengatakan, hasil yang diperoleh dari penjualan cukup meningkat yaitu bakpia dapat terjual sebanyak 63 box untuk varian kecil isi 10, dan 126 box untuk varian besar isi 15. Jumlah penjualan tersebut meningkat cukup tinggi dari yang biasanya hanya terjual antara 60-80 box saja.
“Selain karena pelaksanaan yang memang bertepatan dengan weekend tetapi pendekatan promosi dengan cara hard selling dapat menarik minat wisatawan sehingga meningkatkan penjualan produk Bakpia Menuk,” jelasnya