Inkubis UMBY Dorong Mahasiswa Berwirausaha lewat Event Sharing Entrepreneurship Campuspreneur
26 Mar 2024
454
by Farida Dian Farida Dian
Foto: Para mahasiswa saat mengikuti Event Sharing Entrepreneurship Campuspreneur

Inkubator Bisnis (Inkubis) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi UKM DIY menyelenggarakan Event Sharing Entrepreneurship Campuspreneur#I dengan tema Business Idea & Creativepreneur at Ramadhan pada hari Senin, 25 Maret 2024 di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menumbuhkan mahasiswa preneur di Kampus UMBY. Kegiatan ini juga sekaligus pendampingan penjaringan ide bisnis dalam menumbuhkan wirausaha kampus dengan menghadirkan narasumber Azfa Mutiara Ahmad Pabulo, S.E., MEK (Dosen Penggiat UMKM sekaligus Koordinator Utama Inkubis) dan Fitria ASA, S.E (Konsultan PLUT Dinas Koperasi UKM DIY). Acara dihadiri lebih dari 100 peserta dan dibuka oleh Ir. Wafit Dinarto, M.Si., MCE, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sesuai visi UMBY, yaitu menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang sociopreneur di tingkat nasional. Maka demi mewujudkan itu, berbagai langkah kami lakukan mulai dari kegiatan perkuliahan di fakultas maupun universitas. Dengan adanya kerja sama dengan BPD dan PLUT Dinas Koperasi UKM DIY ini kami harap dapat membuka wawasan pada mahasiswa bahwa setelah lulus tidak selalu menjadi pegawai tapi bisa menjadi para entrepreneurship,” ujar Ir. Wafit dalam sambutannya.

Azfa Mutiara Ahmad Pabulo, S.E., MEK, selaku Koordinator Utama Inkubis sekaligus narasumber kegiatan mengungkapkan bahwa Inkubis UMBY adalah sebuah entitas dibawah Pusat Inovasi UMBY yang didedikasikan untuk mendukung dan memfasilitasi pertumbuhan wirausaha dan start up di Kampus UMBY. Inkubis juga berperan dalam mengembangkan ekosistem bisnis lokal didalam kampus dengan menyediakan berbagai sumber daya, mentorship, dan infrastruktur yang diperlukan bagi para wirausahawan untuk menumbuhkan, menguatkan dan mengembangkan bisnis mereka.

“Salah satu aspek penting dari Inkubator Bisnis adalah memberikan akses kepada wirausaha kampus (mahasiswa preneur). Kedepan diharapkan mereka dapat mengisi Pojok Campuspreneur yang berada di Kampus UMBY,” imbuhnya.

Pojok Campuspreuner adalah sinergi kerja sama BPD DIY dengan UMBY. Kegiatan ini menjadi salah satu wujud nyata dari implementasi program CSR dari bank BPD DIY melalui program wirausaha belia.  Perwakilan dari BPD DIY, Supoyo, berharap dengan adanya Pojok UMKM di UMBY bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa sebagai ajang pelatihan mahasiswa untuk mengeksplor kemampuannya dalam berwirausaha.

“Dalam bidang UMKM ini tidak bisa berdiri sendiri perlu campur tangan berbagai pihak. Diantaranya dari pelaku, pendampingan dari Dinas UMKM dan selanjutnya dari sisi bisnis dan media sosial. Kami dari sisi bisnis, Bank BPD DIY, siap hadir mendukung mahasiswa UMBY untuk bisa berwirausaha,” lanjutnya.

Dengan adanya Inkubis, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pendampingan usaha (mentoring) untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka, mengurangi risiko kegagalan, dan memperluas jaringan usaha mereka. Selain itu, Inkubis juga berperan penting dalam meningkatkan inovasi dan menciptakan lapangan kerja baru, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada penumbuhan mahasiswa preneur di Kampus UMBY.