Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan kegiatan pengabdian di Batik Kebon Indah Klaten dengan mengadakan acara pelatihan pemasaran melalui digital marketing untuk meningkatkan penjualan luar negeri. Pelatihan pemasaran digital ini dihadiri kurang lebih 20 peserta dari pelaku pengrajin batik di Batik Tulis Kebon Indah Klaten Desa Ngembel, Kebon, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah pada hari Minggu, 30 Juli 2023. Kegiatan tim PkM UMBY di ketuai oleh Dr. Hamzah Gunawan., M.M dan beranggotakan Djaelani Susanto, M.M. serta menghadirkan narasumber pakar ekonomi dari Universitas Nusantara PGRI Kediri Dr. Sri Aliami, M.M.
“Pengrajin batik tulis kebon indah klaten mengalami kesulitan dalam pemasaran beberapa tahun terakhir omset penjualan menurun dikarenakan konsumen enggan masuk ke wilayah Batik Kebon Indah Klaten. Hal ini terjadi karena akses infrasturkur jalan menuju Batik Kebon Indah rusak parah akibat penambangan tanah dan keluar masuk truk tambang di wilayah tersebut, sehingga opsi atau pilihan lain untuk menjual produk yaitu melalui pemasaran digital,” ungkap Ketua pengelola Batik Tulis Kebon Indah Klaten, Sri Widarti dalam sambutannya.
Dr. Sri Aliami, M.M. menjelaskan bahwa pemasaran merupakan aktivitas dan proses menciptakan mengkomunikasikan, menyampaikan dan menawarkan produk yang bernilai kepada pelangan. Pemasaran digital dilakukan supaya mangsa pasar dapat dijangkau dengan luas, dan biaya lebih efektif serta efisien. “Untuk dapat menerima hasil maksimal dari pengelolaan pemasaran digital, diperlukan konsentrasi, pengalaman untuk berani mencoba dan dibutuhkan kemampuan membuat konten yang bagus dan juga kecepatan dalam merespon konsumen,” tambahnya.
Djaelani Susanto, M.M juga memberikan praktik pembuatan konten melalui aplikasi Instagram dan memaksimalkan fitur di dalamnya dengan harapannya bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan. Dengan banyaknya pengguna Instagram di Indonesia maupun mancanegara, membuat platform yang satu ini sangat potensial untuk digunakan sebagai media promosi maupun branding.
“Semoga dengan diadakannya pelatihan pemasaran digital dalam upaya peningkatan penjualan dalam negeri maupun luar negeri khususnya di Batik Tulis Kebon Indah Klaten, para pelaku usaha dapat mengoptimalkan media sosial dan mengimplementasikannya,” kata Dr. Hamzah Gunawan., M.M.
Dalam pelatihan ini juga memotivasi agar pengrajin batik tak perlu takut atau khawatir apabila engagement yang didapat tidak sesuai dengan ekspektasi dan agar terus mencoba serta berinovasi dengan cara mandiri agar dapat mengembangkan pemasaran yang lebih luas.