Untuk mengikuti tantangan pembelajaran berbasis digital, Rani Linggar Purga Hardiyanti, Mahasiswi PPL Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan pembelajaran menggunakan media digital Aplikasi Quizizz di SMP N 4 Yogyakarta yang dilaksanakan pada 21 Juli 2022 hingga 26 Agustus 2022.
Quizizz adalah aplikasi game edukasi yang memiliki pola pembelajaran interaktif serta memiliki manfaat dapat digunakan bersamaan dengan media pembelajaran dan bahan evaluasi pembelajaran seperti, adanya data dan perhitungan statistik kinerja siswa yang hasilnya dapat menggambarkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang akan dijadikan pengukuran evaluasi pembelajaran. Selain itu juga dapat memberikan evaluasi guru dan metode pengajaran yang menarik bagi siswa.
Dengan Quizizz, pengguna dibagi menjadi dua kelompok yakni (Host) pembuat pertanyaan biasanya seorang guru dan pengguna (siswa) yang bergabung untuk menjawab pertanyaan yang telah dibuat oleh instruktur. Aplikasi Quizizz dapat membantu siswa mengingat materi yang telah diajarkan, dapat menumbuhkan kompetisi antar siswa, dan memungkinkan semua siswa menyelesaikan evaluasi pembelajaran yang berdampak positif pada pemahaman materi dan hasil belajar siswa yang meningkat.
Rani Linggar Purga Hardiyanti menjelaskan, dengan adanya Quizizz, diharapkan menjadi alat pembelajaran yang menekankan evaluasi diri siswa, manajemen waktu, dan kreativitas.
“Strategi kuis menarik partisipasi aktif siswa, sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang menarik dan kreatif. Selain itu aplikasi ini membuat model kuis secara real time sehingga siswa dapat memahami materi,” jelasnya
Rani Linggar Purga Hardiyanti menambahkan, Penggunaan aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran bahasa bahasa Inggris sangat tepat, seperti memahami kosakata, kalimat dan ungkapan yang tepat untuk mengungkapkan Notice, Caution, Warning serta berbagai tanda yang berkaitan dan penyajian dalam gambar.
Suroso, S.Pd. selaku guru pembimbing di SMP Negeri 4 Yogyakarta mengatakan penggunaan media Quizizz ini sangat menarik dan mudah dipahami oleh siswa, serta antusias siswa sangat tinggi ditandai dengan saling berlomba dalam menjawab kuis.
“Media pembelajaran yang digunakan juga inovatif, sehingga memotivasi siswa untuk fokus pada materi ajar yang diberikan,” ujarnya
Siswa SMP Negeri 4 Yogyakarta memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan Quizizz ini.
“Seru, menyenangkan, bisa buat kita mikir cepet gitu, mengasah skill dan kecepatan,” ujar Dzakirunnisa
Shaqna Raihan dan Dwina Azizah menambahkan bahwa metode yang diajarkan mudah dipahami, dan inovatif.
“Materi diberikan dengan baik serta dijelaskan secara rinci sehingga mudah dipahami. Bahan ajar dan metode mengajarnya seru, inovatif, dan tidak membosankan” katanya