Advista Maulani (20), mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil meraih runner up international creative packaging dalam ajang Immersion Project Appreciation and Tribute (IMPACT) 2017 di University Sains Malaysia (USM), 14 Desember lalu.
Kegiatan tersebut merupakan ajang kreasi mahasiswa ilmu komunikasi dari berbagai negara dalam beberapa bidang keilmuan seperti fotografi, penulisan feature, film pendek, video advertising dan lainnya.
Dalam ajang tersebut Vista membuat karya kreatif berupa logo dengan konsep minimalis. Karya logo tersebut berhasil menggeser peserta lain dari universitas di berbagai negara.
"Logo yang saya buat itu berbentuk lampu yang bermakna simbol ide kreatif. Dalam logo tersebut juga ada banyak simbol yang mewakili makna dari perkembangan dunia komunikasi saat ini atau bisa disebut revolution of communication," paparnya.
Menurut Vista, logo yang ia ciptakan tersebut diaplikasikan dalam creative packaging berupa file forder, book cover atau note book cover, paper bag atau Tote bag, small canvas bag, serta box container.
"Nantinya barang-barang yang diaplikasikan logo bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari," tuturnya.
Bagi Vista, dunia desain komunikasi sendiri merupakan hal yang menarik dan cukup lama ia geluti. Meski demikian, ia mengaku mendapatkan pengalaman baru dalam berkompetisi di ajang internasional ini.
"Sempat kurang pede karena pesaingnya dari banyak negara dan universitas ternama. Tetapi saya yakin bisa bersaing," ungkapnya.
Meski telah menyabet penghargaan internasional dan sempat memenangkan beberapa kompetisi, Vista tidak ingin berpuas diri. "Saya mau terus mengasah kemampuan dan mencari pengalaman sebanyak mungkin," tandasnya.
Wakil Dekan Fikkom UMBY, Didih Haryadi Santoso, S.Ikom, M.A memberikan apresiasi atas perolehan juara ini, dan berharap akan menginspirasi mahasiswa lainnya untuk ikut berprestasi di ajang internasional