Serunya Belajar Matematika Gunakan GeoGebra Bersama Prodi Pendidikan Matematika UMBY
27 Mar 2023
429
by Admin Demo

Laboratorium Multimedia Matematika Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pelatihan aplikasi Matematika dengan tema “GeoGebra: Belajar Matematika Asyik, Pelatihan GeoGebra 3D” pada Kamis (23/03/2023). GeoGebra sendiri merupakan aplikasi geometri, aljabar, statistika dan kalkulus interaktif, ditujukan untuk pembelajaran dan pengajaran matematika dan sains dari sekolah dasar hingga tingkat universitas. Pelatihan tersebut dilaksanakan secara online melalui platform zoom meeting dengan diikuti sebanyak 46 peserta.

Kepala Laboratorium Mutimedia Pendidikan UMBY sekaligus pembicara pada pelatihan ini, Naela Faza Fariha, S.Si., M.Sc., menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian kegiatan lain kedepannya.

“Kegiatan ini adalah kegiatan pembuka dari serangkaian kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan selama satu semester kedepan. Saya harap peserta dapat mengikuti rangkaian pelatihan aplikasi lainnya yang akan diadakan oleh Laboratorium Multimedia Matematika,” ungkap Naela Faza.

Materi dimulai dengan peserta mengerjakan kuis yang ada di GeoGebra Classroom, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan fungsi-fungsi GeoGebra 2 dimensi dan 3 dimensi. Selain itu, peserta juga secara langsung mempraktikkan pada komputer masing-masing, sehingga ketika ditemui masalah bisa langsung didiskusikan bersama pemateri.

Peserta juga diajarkan untuk membuat GeoGebra Classroom yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam melakukan kuis Matematika kepada siswa. Selain itu, dikenalkan pula web geogebra.org yang berisi berbagai sumber media belajar (applet) GeoGebra dan dapat didownload secara gratis.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi mahasiswa ataupun guru matematika dalam mempelajari cara penggunaan GeoGebra untuk menggambarkan objek-objek geometri baik tampilan secara 2 dimensi ataupun 3 dimensi.

“Sudah bagus acara pelatihan seperti ini, bisa dilanjutkan,” ujar Witri Lestari, peserta pelatihan.

Beberapa peserta lain juga menyarankan untuk sering diadakan pelatihan seperti ini baik untuk aplikasi GeoGebra maupun aplikasi pendukung pembelajaran lainnya. Bisa dijadikan program rutin untuk meningkatkan softskill mahasiswa, siswa, maupun guru.