Mahasiswa PPL FKIP UMBY Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Virtual Writing Tour
11 Sep 2023
153
by Fitriana Fitriana

Program Pengenalan Lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PPL FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) telah dilaksanakan sejak bulan Juli higga Agustus 2023. Mahasiswa PPL dari FKIP UMBY dituntut untuk dapat mengadaptasikan ilmunya selama kuliah di sekolah tujuan dengan kegiatan praktek mengajar dan praktek persekolahan. Pada tahun ini, salah satu sekolah tujuannya adalah di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Mahasiswa PPL di SMA Negeri 4 Yogyakarta ada sebanyak 8 mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa Bimbingan dan Konseling, dan 2 mahasiswa Ilmu Keolahragaan dengan dosen pembimbing Nafida Hetty Marhaeni, M.Pd. dari Prodi Pendidikan Matematika.

 

“PPL merupakan ajang mahasiswa FKIP untuk memperoleh pengalaman mengajar siswa di kelas secara langsung dan melaksanakan kegiatan praktek persekolahan, sehingga kompetensi mahasiswa semakin bertambah dan semakin mumpuni menjadi calon pendidik yang professional,” ungkap Nafida, selaku dosen pembimbing.

Pada praktek mengajar, salah satu mahasiswa PPL dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Salma Viantika menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan virtual writing tutor untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Virtual writing tutor merupakan platform yang membantu dalam pengembangan penulisan dalam bahasa inggris. Berbagai fasilitas yang ada di virtual writing tutor dapat mempermudah pengguna dalam proses penulisan, seperti mengembangkan ide, memastikan struktur kalimat dan grammar yang ada dalam penulisan. Tidak hanya itu, platform tersebut juga dapat memeriksa berapa presentase GPT yang ada dalam penulisan, hal ini dapat dilakukan pengguna untuk memeriksa keaslian dari hasil tulisan yang diperoleh. Platform tersebut dapat diakses secara gratis, sehingga para siswa dapat memaksimalkan manfaat dari virtual writing tutor.

 

Menurut Salma, penggunaan virtual writing tutor memiliki banyak kelebihan. Seperti dapat melihat feedback secara langsung setelah menyalin sehingga penilaian yang diberikan cukup detail dan tidak hanya grammarnya saja. Virtual Writing Tutor juga menyajikan penilaian dari punctuation, capitalism, struktur kalimat, dan vocabulary atau pemilihan kata yang ada dalam kalimat tersebut.

 

Dalam ranah pendidikan atau pengembangan belajar dalam skill penulisan platform ini sangat membantu siswa. Tidak semua guru dapat memberikan penilaian atau komentar yang detail dari hasil penulisan siswa. Terkadang siswa hanya mendapatkan penilaian dalam bentuk nilai atau coretan di setiap kata yang salah. Dari hal tersebut, siswa akan bingung terhadap proses penulisan mereka. Hal ini menjadi kesempatan besar untuk mengenalkan, bahkan mengimplementasikan platform virtual writing tutor untuk menjadi bagian solusi untuk beberapa masalah yang siswa alami.

 

Salah satu siswa yang merasa terbantu dengan adanya penerapan virtual writing tutor ini adalah Naca, Kelas XIF5. Naca merasa bahwa pembelajaran Bahasa Inggris materi Narative Text semakin mudah dipahami dan mampu meningkatkan motivasi belajarnya.

 

Hal senada dipaparkan oleh Guru Bahasa Inggris, Bapak Priyadi Nugroho, S.Pd., beliau menyampaikan bahwa sejauh ini dirinya belum pernah menggunakan platform apapun pada materi writing, sehingga sangat terbantu karena platform memiliki kelebihan adanya feedback yang spesifik.