Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pinasthika Creativestival. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di Kampus 3 UMBY pada Selasa (22/10/2024) sebagai bentuk kerja sama dalam menyukseskan Roadshow Program Pinasthika Creativestival 2024. Kesepakatan ini menjadi tonggak awal bagi kedua belah pihak untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui berbagai kegiatan kreatif di bidang komunikasi, khususnya marketing communication.
Penandatanganan MoU ini berangkat dari tujuan bersama untuk memperkuat pelaksanaan kegiatan roadshow dan event yang berfokus pada pengembangan kreativitas mahasiswa. Dengan MoU ini, Fakultas Ilmu Komunikasi UMBY dan Pinasthika akan saling mendukung dalam berbagi sumber daya, termasuk menyediakan akses ke database yang mencakup studi kasus, creative brief, serta materi seminar dan workshop yang dikembangkan Pinasthika. Selain itu, MoU ini juga mengatur penyediaan narasumber untuk kegiatan akademik dan support system untuk pelaksanaan event-event terkait.
Pada kegiatan Roadshow Pinasthika di Fakultas Ilmu Komunikasi UMBY pada tanggal 22 Oktober 2024, Pinasthika mengirimkan narasumber untuk berbagi wawasan tentang pentingnya portofolio dalam dunia kerja. Sebagai langkah nyata, mahasiswa Fikom UMBY turut serta dalam kegiatan ini dalam kompetisi dan workshop yang relevan dengan konsentrasi studi mereka.
“Pinasthika merupakan salah satu partner yang dapat memfasilitasi kompetensi mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya konsentrasi Marketing Communication dalam menggali bakat kemampuan dalam kompetisi-kompetisi di bidang advertising design, video director, creative workshop dan lain-lain,” ujar Dekan Fikom UMBY, Dr. Didik Haryadi Santoso, M.A.
Dr. Didik melanjutkan, kerja sama ini juga diharapkan mampu mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui partisipasi aktif dalam seminar dan kelas perkuliahan, menghadirkan praktisi dari Pinasthika untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. “Melalui kolaborasi ini, mahasiswa juga mendapatkan akses untuk mengembangkan keterampilan di bidang advertising, desain, dan direktur video, serta kompetensi lainnya yang berkaitan dengan industri kreatif. Sinergi ini diyakini akan memberikan dampak positif pada sektor industri kreatif di Yogyakarta dan sekitarnya, membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya di dunia professional,” imbuhnya.
Sementara itu, Elyas Nur Kholi selaku Partnership Manager Pinasthika / Head of Marketing Djongnesia Group mengungkapkan bahwa Pinasthika menyediakan narasumber sebagai pemateri dalam kegiatan Roadshow ini dengan tujuan memperluas wawasan mahasiswa terkait dengan pentingnya portofolio sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi.
“Kedua belah pihak berkomitmen untuk melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing, memastikan kelanjutan dari program yang telah dirancang. Kami berharap implementasi ini berjalan sesuai rencana, kerja sama ini akan terus diperpanjang dengan potensi pengembangan proyek-proyek baru di masa mendatang,” ungkapnya.