Upaya Peningkatan Mutu Bahasa Asing di Lingkungan Kampus, UMBY Penjajakan Kerjasama Dengan Pearson Solution Consultant
11 Sep 2023
332
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Bagian Kerjasama Luar Negeri menerima kegiatan kunjungan dan koordinasi dari Pearson Solution Consultant yang merupakan perusahaan pendidikan dan penerbitan yang berkantor pusat di London, Inggris.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di UMBY pada Rabu (06/09/2023) dihadiri oleh pimpinan dan struktural kampus, diantaranya Rektor, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE, Wakil Rektor Sumber Daya, Tutut Dewi Astuti, S.E., M.Si., Ak., CA., CTA., ACPA., MCE., CTFAIA, Jason Polim, Head of Cluster 3 Asia Pearson Solution Consultant, Christian Puguh, Business Development Pearson Solution Consultant serta Kepala Pusat, Kepala Biro dan Kepala Bagian dari UMBY.

Dalam kesempatan ini, Rektor UMBY memberikan sambutan serta arahan terkait visi dan misi kampus serta bagaimana peranan bahasa asing yang akan menjadi bagian penting dari proses belajar-mengajar di lingkup perguruan tinggi.

“Peningkatan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa sangat diperlukan saat ini untuk terlebih dalam menyiapkan Kampus UMBY berwawasan internasional di tahun 2029. Dosen juga harus menyiapkan skills-nya, seperti academic speaking dan presentation. Semoga nantinya ada program dari Pearson yang bisa diimplementasikan di UMBY,” ujar Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE.

Perwakilan Pearson Solution Consultant, Jason Polim juga selaku Head of 3 Cluster menyampaikan bagaimana pentingnya kemampuan bahasa asing, khususnya bahasa inggris yang nantinya akan menjadi pokok utama kunjungannya hari ini.

“Bahasa asing, khususnya bahasa inggris tentu sudah menjadi alat komunikasi utama di dunia. Kemanapun kita berkunjung ke belahan dunia manapun, meskipun ketidakmampuan dalam bahasa lokal negara tujuan, namun dengan kemampuan bahasa inggris, maka masalah dalam berkomunikasi dapat terselesaikan,” kata Jason Polim.

Jason menambahkan bawah upaya peningkatan kompetensi bahasa asing dari dosen dan mahasiswa memerlukan waktu dan tidak instan. Maka dari itu, Universitas perlu menyiapkan kemampuan bahasa asing  mahasiswa agar ketika lulus nanti mereka memiliki communication skills yang bagus untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Senada, Christian Puguh selaku Business Development dari Pearson Solution Consultant menambahkan terkait  pentingnya mapping kemampuan bahasa asing bagi mahasiswa dan dosen.

“ Level test untuk mahasiswa dan dosen perlu dilakukan untuk mengetahui kompetensi awal mereka sehingga pimpinan UMBY dan bagian terkait bisa mengetahui langkah ke depan di dalam mengadakan program pelatihan selanjutnya,” tutur Christian Puguh.

Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama, Ir. Setyo Utomo, M.P turut menanggapi pemaparan dari pihak  Pearson Solution Consultant, yang dirasa sangat menarik dan memberikan garansi pembelajaran yang berkualitas.

“Saya pribadi sangat tertarik dan mengapresiasi rencana kerjasama yang akan kita bangun bersama. Maka plan ke depan perlu segera digodok bersama, khususnya terkait program pelatihan bahasa tersebut/ selain itu, perlu adanya MOU yang akan menjadi payung hukum dalam kerjasama ini,” ucap Ir. Setyo Utomo, M.P.

Dan di akhir sesi, Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri kegiatan kunjungan ini, Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum, menyampaikan banyak harapan terkait program dari pelatihan bahasa tersebut.

“Harapan kami dengan adanya pelatihan bahasa kepada dosen dan mahasiswa mampu mendongkrak prestasi dan turut aktif dalam kegiatan internasional yang ditawarkan oleh KemristekdikBud, seperti IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards)  dan ICT (International Credit Transfer) serta kegiatan lainnya,” tutup Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum.