Masih dalam rangkaian Dies Natalis ke-39, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melalui Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) sukses menggelar kegiatan Workshop Publikasi Media pada Rabu (19/11/2025) di Kampus 1 UMBY. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan UMBY dengan materi yang berfokus pada teknik penulisan artikel, fotografi jurnalistik, dan pengelolaan konten media sosial. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas internal kampus dalam menghasilkan dan mendistribusikan informasi yang berkualitas di berbagai platform media.
Ketua Dies Akademik, Nuryadi S. Pd.si, M.Pd., dalam sambutannya menegaskan bahwa kampus harus mampu beradaptasi dengan teknologi tanpa meninggalkan budaya yang menjadi jati diri pendidikan tinggi.
“Workshop ini membekali kemampuan jurnalistik penulisan artikel sekaligus pengelolaan media sosial bagi mahasiswa. Ilmu ini penting di era serbadigital,” kata Nuryadi.
Kepala Biro Kerja Sama, Humas dan Keprotokolan, Widarta, S.E., M.M., CDMP. menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas penulisan berita dan pengelolaan konten media sosial bagi mahasiswa dan tendik.
"Dengan bekal ilmu dari para pakar ini, kami berharap mahasiswa dan tendik dapat menjadi perpanjangan tangan Humas. Mereka bisa menjadi kontributor aktif yang mampu menyajikan informasi dan kegiatan UMBY kepada publik dengan standar kualitas jurnalistik yang baik, baik melalui media massa maupun media sosial sehingga menaikkan reputasi UMBY," ujarnya.
Pembicara pertama, Agus Sigit yakni Redaktur KRJogja.com. Sesi ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana menghasilkan artikel berita yang layak muat. Agus Sigit mengajak peserta mengenali beragam jenis konten yang bisa publish di media massa dan platform digital. Ia juga menekankan pentingnya memahami karakter masing-masing kanal publikasi.
_1763708180.jpeg)
Selain itu, ia memberikan tips liputan ala Gen Z, mencakup cara menangkap momen dengan cepat, memilih angle pemberitaan, menulis berita hingga teknik menghasilkan foto jurnalistik yang menarik secara visual.
Pada sesi berikutnya, Achmad Oddy Widyantoro, M.Sn., dosen ISI Yogyakarta, membahas tren media sosial terkini. Ia memaparkan bagaimana algoritma bekerja, bagaimana membuat konten yang engaging, serta pola konsumsi informasi generasi digital.

Peserta diajak memahami bahwa pengelolaan medsos bukan sekadar mem-posting konten, tetapi strategi komunikasi yang harus dipetakan dengan cermat.
Peserta Nampak antusias selama sesi berlangsung terlihat dari diskusi dan tanya jawab yang interaktif. Workshop diakhiri dengan pemberian apresiasi kepada peserta paling aktif serta sesi foto bersama.
_1763708153.jpeg)