Tim UPTLBK dan Career Center UMBY Bantu Persiapkan Karier Siswa
27 Mar 2023
148
by Admin Demo

Tim Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling (UPTLBK) dan Career Center Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan kolaborasi guna memfasilitasi persiapan karier siswa SMK N 2 Depok, Sleman. Adapun dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Luky Kurniawan, M.Pd., Nanda Yunika Wulandari,M.Psi, dan Ruly Ningsih, M.Pd. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, 20-21 Maret 2023 mengusung judul Plan Your Future Career yang terbagi dalam tiga sesi seminar dengan diikuti oleh 1.330 siswa.

Melalui kegiatan tersebut, tim kolaborasi dari UMBY memberikan tips-tips persiapan siswa SMK memasuki dunia kerja khususnya persiapan psikologis dan skills untuk mengikuti rangkaian seleksi memasuki dunia kerja /dunia industri.

Luky Kurniawan salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut mengungkapkan pentingnya kompetensi dan juga soft skillsbagi siswa sehingga dapat menjadi bekal penting yang perlu disiapkan sejak di bangku sekolah, baik itu kegiatan organisasi sekolah ataupun melalui praktik kerja lapangan.

Kabag Career Center UMBY sekaligus pemateri kegiatan, Nanda Yunika Wulandari, mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi salah satu agenda penting untuk mengembangkan relasi pusat karier di kampus dengan sekolah. Selain itu, pusat karier yang telah berkolaborasi dengan perusahaan juga dapat membagikan pengalamannya terkait dengan kriteria pekerja yang diinginkan perusahaan saat ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Koordinator UPTLBK UMBY, Ruly Ningsih, M.Pd. menegaskan bahwa kegiatan seminar memang menjadi salah satu fokus unit layanan karena berkaitan dengan membantu pengembangan aspek karier peserta didik, selain memang menjadi salah satu kegiatan tridharma dosen.

Dalam sambutannya, Kepala SMK N 2 Depok, Sleman, Drs. Agus Waluyo, M.Eng, menyatakan bahwa kegiatan penguatan kapasitas kesiapan karier siswa ini dilakukan sejalan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK).  Siswa diharapkan dapat memiliki kesiapan psikologis dan skills yang memadai sehingga peluang diterima di dunia kerja lebih meningkat.  Hal ini juga di dorong dengan bursa kerja khusus yang ada di sekolah yang telah memiliki jaringan dengan berbagai perusahaan untuk membantu menyalurkan dengan dunia kerja/dunia industri. 

“Kegiatan ini sangatlah bagus, karena siswa dapat memiliki kesiapan secara psikologis dan skills yang memadai, sehingga peluang untuk diterima di dunia kerja lebih meningkat. Selain itu, kami juga telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk membantu menyalurkan para siswa ke dunia kerja,” terang Agus Waluyo.