Tim PKM RE THP UMBY Produksi Pewarna Alami Sehat dari Daun Pandan
18 Sep 2023
223
by Farida Dian Farida Dian

Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM RE) Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang terdiri dari empat orang mahasiswa yakni Nawangsari Rahma, Miftahul Nikmah, Zahrotul Umah, Nur Aida telah berhasil menemukan produk pewarna alami hijau yang berasal dari daun pandan.

“Produk hasil penelitian tim PKM RE mempunyai keunggulan dibandingkan pasta pandan komersial, yaitu produknya alami sehingga lebih sehat, mempunyai stabilitas yang tinggi selama pemanasan, dan flavor pandan sangat tajam,” ungkap Rahma selaku ketua tim.

Dosen Pembimbing, Dr. Chatarina Lilis Suryani, S.TP, MP menjelaskan bahwa peningkatan stabilitas warna pasta pandan dikarenakan proses metaloklorofil yang dilakukan, sehingga terbentuk Zn-klorofil yang lebih tahan terhadap panas dan cahaya. Produk yang dihasilkan akan lebih tajam warnanya, terbukti dari aplikasinya sebagai pewarna bolu kukus. Proses metaloklorofil ternyata juga dapat meningkatkan stabilitas komponen lainnya seperti komponen fenolik dan komponen flavor.

“Produk pewarna yang dihasilkan mempunyai banyak keunggulan dibanding produk pasta pandan komersial. Produk tersebut juga mempunyai nilai tambah yaitu peningkatan kadar mineral Zn yang sangat diperlukan oleh tubuh. Lebih lanjut hasil penelitian ini akan dipatenkan sehingga akan memberikan manfaat bagi inventor maupun institusi,” tambahnya.

Kaprodi Teknologi Pangan UMBY Ichlasia Ainul Fitri, S.TP, M.Sc. menyatakan bahwa Prodi THP selalu mendukung, memfasilitasi dan membimbing mahasiswa yang ingin berkompetisi.

“Keberhasilan ini merupakan salah satu prestasi yang diraih para mahasiswa Prodi THP. Kami selalu mendukung, memfasilitasi dan membimbing mahasiswa yang ingin berkompetisi. sehingga softskill mahasiswa akan menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Selain itu mahasiswa Prodi THP juga memenangkan PKM Kewirausaan dan P2MW dengan pembimbing Dr. Yuli Perwitasari, S.TP, serta prestasi tingkat internasional bersama dengan para dosennya.