Psikologi UMBY dan KONI DIY Bersinergi Wujudkan Masyarakat yang Sehat Mental dan Fisik
25 Aug 2023
148
by Farida Dian Farida Dian
Foto: Dosen Psikologi UMBY bersama KONI DIY saat sesi foto usai acara

Pada Selasa, 8 Agustus 2023 pukul 12.00 WIB – selesai, delegasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah ─░stimewa Yogyakarta (DIY) mengunjungi Fakultas Psikologi di Kampus Utama Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Jl Wates Km. 10 Argomulyo, Sedayu, Yogyakarta. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut pembahasan kerja sama KONI DIY dengan Fakultas Psikologi UMBY terkait upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat tidak hanya secara fisik, namun juga mental.

Delegasi KONI DIY yang hadir yaitu Teguh Raharjo, MM, Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM, Dr. Agung Nugroho M.Si, Bambang Gunoto, S.Pd, Fitri Susanti, dan Rokhiman, SH.  Ikut menyambut delegasi KONI DIY di Fakultas Psikologi UMBY antara lain, Reny Yuniasanti, M.Psi, Ph.D., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi UMBY, serta Wakil Dekan Dr. M. Wahyu Kuncoro, M.Si beserta jajaran dosen dan staf tenaga kependidikan.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO., sebagai Ketua Umum KONI DIY Masa Bakti 2021-2025, menyatakan bahwa KONI DIY siap bersinergi dengan Fakultas Psikologi UMBY.

“KONI DIY siap bersinergi dengan Fakultas Psikologi UMBY untuk bersama-sama membangun masyarakat yang tangguh tidak hanya dari aspek fisik namun juga dari aspek psikologis, mengingat semakin pentingnya isu-isu terkait kesehatan mental,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, M.Psi, Ph.D., Psikolog menyambut baik ajakan KONI DIY untuk bersinergi memperkuat kesehatan mental masyarakat dan para atlit DIY khususnya melalui rangkaian kegiatan tridarma perguruan tinggi yang terdiri dari Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang difokuskan pada isu kesehatan mental dan psikologi olahraga.

“Kesehatan mental atlit yang baik akan mendorong terciptanya prestasi olahraga yang maksimal dan berdampak positif terhadap kebahagiaan atlit dalam rangka memajukan prestasi DIY,” imbuhnya.

Sekretaris Umum KONI DIY, Sigit Sapto Raharjo, MM menyatakan bahwa KONI DIY siap menerima Fakultas Psikologi UMBY yang juga berencana akan melakukan kunjungan balasan ke Sekretariat KONI yang berlokasi di Kompleks GOR Amongrogo, Jl. Kenari No 14 Yogyakarta.