Mahasiswa Prodi Peternakan UMBY Raih Medali Emas Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional
24 Nov 2023
232
by Fitriana Fitriana
Foto: Zidane membawa medali emas dan sertifikat kejuaraan

Mahasiswa prodi Peternakan Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kembali menorehkan prestasi. Pada kesempatan kali ini, mahasiswa semester 7 bernama M. Zidane Hafidzha telah berhasil meraih Medali Emas. M. Zidane Hafidzha atau sering dipanggil dengan Zidane mengikuti kategori tanding senior putra kelas bebas (under 45 kg) pada kejuaraan “DANDIM CUP”.

 

DANDIM CUP merupakan kejuaraan nasional Pencak Silat Piala DANDIM Magelang ke-1 yang diadakan oleh DANDIM Magelang bersama dengan Harimau Muda Event Organizer serta didukung oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Magelang. Pertandingan berlangsung selama tiga hari pada 27 - 29 Oktober 2023 dengan diikuti oleh 1.206 peserta dengan dua kategori (tanding dan seni) di GOR AKMIL Soeroto Magelang.

 

Zidane mulai menekuni pencak silat sejak ia menginjak bangku SMP. Ia pun pernah menjuarai beberapa event pencak silat di tanah kelahirannya, Palembang, Sumatera Selatan. Hingga kini Zidane tetap aktif mengikuti latihan untuk atlet pencak silat di Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Selain latihan rutin dan memiliki kepercayaan diri yang kuat, dia juga bercerita bahwa ia bisa mencapai posisi tersebut karena izin Tuhan dan doa restu orang tuanya. 

 

“Saya berusaha rutin latihan dan percaya diri dalam setiap menghadapi kejuaraan. Apa yang telah saya raih ini, tentu karena izin Tuhan, doa restu orang tua, dan usaha saya,” terang Zidane.

 

Pada pertandingan kali ini, Zidane memiliki kesan tersendiri karena sudah cukup lama tidak mengikuti pertandingkan sebab tidak ada kelas yang mempertandingkan dengan berat badan under 45kg, namun dengan adanya peraturan baru yang sudah terealisasi akhirnya Zidane kembali melanjutkan prestasi di kelas under (bebas).

 

M. Zidane Hafidzha menyampaikan rasa terimakasih kepada rekan- rekan UKM PSHT UMBY yang telah mendukungnya selama ini. Disamping itu, juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada pihak kampus UMBY yang telah memberikan fasilitas untuk berlatih. Dia juga berharap prestasinya ini dapat memotivasi mahasiswa lain untuk memiliki kegiatan yang positif selain mengikuti perkuliahan sehingga dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya baik prestasi dibidang akademik maupun non akademik. Selain itu prestasi ini juga sebagai pembuktian bahwa Zidane sebagai anak muda yang mencintai dan melestarikan budaya indonesia yaitu pencak silat.

 

Kaprodi Peternakan Fakultas Agroindustri UMBY, Ir. Niken Astuti, MP., mengungkapkan rasa bangganya kepada Zidane atas prestasi raihan Medali Emas dalam Kejuaraan Nasional Pencak Silat.

 

“Semoga kedepan semakin sukses, semakin banyak prestasi yang diraih dan segera dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Prodi Peternakan selain memberikan ilmu pengetahuan secara akademik juga memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk mengembangkan diri diberbagai bidang sesuai dengan bakat dan minatnya,” ungkap Niken.

 

“Berlatihlah hingga tubuhmu sudah tidak mampu untuk berlatih dan latihan itu bukan kebutuhan, namun keharusan. Cintai dan senangilah latihanmu agar semangat tidak hilang. Peraih adalah orang yang mau berlatih,” pesan Zidane.