KKN UMBY Bangkitkan kembali UMKM, Melalui Promosi Online
14 Feb 2022
30
by Admin Demo

Pandemi covid-19 memberikan dampak pada berbagai bidang usaha termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang biasa kita kenal dengan UMKM. Berdasarkan kondisi ini Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam membangkitkan kembali spark usaha mereka.

Pada program kerja ini para mahasiswa KKN Tematik UMBY kelompok 45 berkesempatan membantu UMKM Hijrah Creative yang berlokasi di Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman. UMKM ini bergerak dibidang fashion. Koleksi yang ditawarkan pun beragam, mulai dari koleksi kain motif batik, kain ecoprint, shibori, dan lurik yang diproduksi sendiri oleh UMKM tersebut. Tak hanya koleksi kain batik, UMKM ini juga memproduksi dompet, tas, topi, korsa dan beberapa jenis seminar kit.

“Awalnya pemilik UMKM Hijrah Creative diberikan edukasi mengenai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19. Edukasi ini dilakukan guna memberi rasa aman dan nyaman kepada konsumen yang akan berbelanja secara offline,” ujar Angga salah satu mahasiswa KKN Tematik UMBY. Sabtu (05/02/2022).

Di toko UMKM Hijrah Creative disediakan hand sanitizer serta alat penunjang protokol kesehatan lainnya. Lalu pemilik UMKM Hijrah Creative diberikan bantuan dan pengetahuan guna meningkatkan kembali penjualan usahanya yang menurun akibat pandemi ini.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 45 UMBY yakni Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom menyampaikan bahwa Lingkup pemasaran yang sempit dan tidak berkembang di era digital ini tentu akan menurunkan eksistensi dari produk yang dimiliki.

“Untuk membangkitkan kembali, para mahasiswa KKN Tematik UMBY Kelompok 45 mengambil langkah solusi dengan meningkatkan promosi lewat sosial media yang dinilai merupakan salah satu cara yang sangat efektif di era ini,” ujar Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom

Mahasiswa kelompok KKN 45 membuatkan akun media sosial seperti Instagram, e-katalog dan mengisi beberapa konten video reels (video pendek) guna mempromosikan produk-produk Hijrah Creative untuk memperluas pemasaran. Selain media instagram, mahasiswa KKN 45 juga mengoptimalisasikan media website yang sudah ada sebelumnya dengan cara mengupgrade fitur-fitur website yang lama dengan model fitur website yang terbaru.

“Saat ini Kelompok 45 juga menggunakan website UMKM Hijrah Creative untuk meningkatkan branding dari UMKM tersebut. Untuk memudahkannya disetiap platform yang digunakan sebagai tujuan tersebut, dicantumkan kontak UMKM Hijrah Creative yang dapat dihubungi oleh konsumen. Era industri zaman sekarang system marketing secara online sangat diperlukan untuk menunjang pemasaran dan mendapatkan perhatian konsumen,” imbuh Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom