KKN 10 UMBY Buka Peluang Usaha Bagi Warga Wilayu
15 Feb 2024
396
by Farida Dian Farida Dian

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan kegiatan praktik pembuatan bucket snack untuk ibu-ibu PKK Srikandi Mandiri di Balai Padukuhan Wilayu pada Minggu (11/02/2024). Kegiatan ini dipimpin oleh Nius Panggi, ketua kelompok 10 sekaligus pemateri pembuatan bucket snack. Para peserta dibagi per RT, dimana setiap RT terdiri dari empat tim dengan jumlah peserta sebanyak 36 orang.

Sebelum memulai praktik membuat bucket, Nius sebagai pemateri mengawali kegiatan dengan memberikan sosialisasi tentang jenis-jenis bucket yang umum di minati para konsumen, serta alat dan bahan yang di perlukan untuk membuat bucket. Alat dan bahan yang di perlukan seperti gunting, penggaris, spidol, kain spunbond, tusuk sate, lakban bening, sterofoam ukuran 10 kali 4 cm dengan ketebalan 5 cm, snack, dan juga pita ukuran 2 cm.

"Kegiatan ini kami adakan untuk mengembangkan potensi para ibu-ibu PKK dalam menciptakan karya yang bernilai jual. Ditambah juga di daerah Pacarejo sendiri ada kampus baru UNY Advocad yang baru dua tahun berdiri sehingga kami melihat ada peluang untuk bisa membuka jasa pembuatan bucket di daerah Pacarejo khususnya sekitar Wilayu," ujar Nius.

Kegiatan praktik pembuatan bucket ini berlangsung lancar dan mendapat respon positif dari para peserta. Meskipun menghadapi beberapa kesulitan dalam proses pembuatannya, seperti menyusun kain bucket dan menyusun snack yang perlu di muat dalam satu bucket agar terlihat rapi dan estetik. Meski demikian hasil akhir bucket yang dihasilkan oleh para peserta dinilai cukup memuaskan.

"Kegiatan praktiknya sangat seru dan bermafaat karena bisa menjadi peluang usaha buat kami nantinya. Untuk hasil akhir sebagai pemula kemarin sudah cantik dan rapi meskipun ada beberapa kesulitan dalam prosesnya," ujar Ngatmini, Ketua PKK Srikandi Mandiri Wilayu.

Kegiatan praktik bucket yang dilakukan tim 10 KKN UMBY ini mendapatkan pandangan positif dari Dosen Pendamping Lapangan Tim 10, Ardhika Falaahudin, M.Or.

“Kegiatan ini sangat bangus karena bisa menjadi peluang usaha untuk menaikan UMKM di Kalurahan Pacarejo khususnya Padukuhan Wilayu dan meningkatkan kesejahteraan warga setempat,” ungkap Ardhika Falaahudin, M.Or.