Himaka UMBY Gelar Seminar Nasional Front End Development Trends and Technologies 2023
04 Dec 2023
144
by Farida Dian Farida Dian

Himpunan Mahasiswa Informatika (Himaka) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan Seminar Nasional Front End Development dengan tema “Jelajahi dunia tanpa batas melalui Front End Developer! Transformasikan idemu menjadi antarmuka yang menakjubkan dan buatlah pengalaman pengguna yang luar biasa”. Seminar tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 04 November 2023 pukul 10.00 WIB secara hybrid dengan diikuti 315 peserta.

“Penguasaan Front End Development mencakup kemampuan untuk secara efektif menguasai berbagai aspek pengembangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dalam pembuatan situs web dan aplikasi ini,” ungkap Ahmad Baehaqi selaku Ketua Himaka.

Imam suharjo, S. T., M.Eng., MCF. selaku perwakilan Kaprodi Informatika berharap seminar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para mahasiswa. “Jadikanlah seminar ini sebagai penambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman dalam menciptakan pengguna yang unggul, karena materi seminar ini tidak ada di mata kuliah,” ujarnya.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh Budi Sulistiyo Jati, S.T., M.Eng dan Joko Susilo, S.kom., M.Cs sebagai pemateri pada seminar kali ini. Materi yang disampaikan relevan dengan tema kegiatan ini yakni Front End Development.

Tujuan dari Seminar Front End Development adalah  untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pengembangan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dalam pembuatan situs web dan aplikasi. Seminar ini dapat mencakup berbagai topik,seperti bahasa pemrograman front end (seperti html,css, dan javascript), penggunaan framework dan alat bantu, praktik terbaik dalam desain UI/UX, serta tren terbaru dalam pengembangan front end.

“Dengan memahami dasar-dasar dari Front End Development, langkah awal yang penting untuk membangun antarmuka pengguna yang efektif dan menarik yang mecakupi html, css, javascript, responsif desain, cross-browse compatibility, optimis gambar dan kinerja, aksesibilitas, pemecahan masalah dan debugging, pemahaman tentang framework dan library front end, pembaruan tentang tren dan teknologi terbaru,” ungkap Budi Sulistiyo.

Kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan penuh antusias dari para peserta. Hal ini ditandai dengan banyak nya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada pemateri pada saat sesi tanya jawab. Peserta begitu aktif dan interaktif dalam sesi tanya jawab tersebut karena materi yang disampaikan menarik sekali dan membuat penasaran.