Fikomm UMBY Bangun Kesadaran Pentingnya Hilirisasi Penelitian bagi Dosen
05 Dec 2023
139
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercubuana Yogyakarta (UMBY) sukses menggelar Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP 2023) pada Selasa, 28 November 2023 lalu secara daring. Acara ini menjadi wadah inspiratif bagi para pemikir, akademisi, praktisi dan mahasiswa untuk mengeksplorasi tema besar yang diangkat yaitu "Penguatan Ekosistem Kampus dalam Mendorong Kualitas Hilirisasi Hasil Penelitian dan Pengabdian di Era Digital". Diikuti oleh kurang lebih 600 peserta, pemakalah seminar kali ini juga terdiri dari dosen dan mahasiswa berbagai program studi ilmu komunikasi perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua panitia, Rila Setyaningsih, S.Kom.I., M.S.I, menegaskan tujuan seminar dalam membangun kesadaran akan pentingnya hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian di era digital. “Seminar ini bertujuan untuk mengedukasi para peserta tentang strategi hilirisasi yang relevan dengan perkembangan teknologi digital saat ini. Kami berharap seminar ini dapat memberikan wawasan baru bagi para peneliti dan praktisi untuk memaksimalkan dampak dari hasil karya mereka,” ujarnya.

Rila juga menjelaskan, tema ini dipilih karena pentingnya mengakselerasi transformasi hasil penelitian dan pengabdian dosen menjadi inovasi yang dapat diaplikasikan secara lebih luas dalam masyarakat. Di era digital yang terus berkembang, kecepatan dalam mengadaptasi penemuan ilmiah menjadi solusi praktis sangatlah vital. Melalui seminar ini, diharapkan akan terjadi pemahaman mendalam tentang peran kampus sebagai pusat penghasil dan penyebar ide-ide inovatif dalam berbagai bidang, serta meningkatkan kolaborasi antarstakeholder untuk mewujudkan dampak positif dari riset dan pengabdian di masyarakat.

Acara ini menghadirkan beberapa tokoh sebagai narasumber, antara lain Dr. Dra. Netty Herawati, M.Si, dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat yang membahas tentang kontribusi perguruan tinggi dalam mengatasi masalah pembangunan bangsa melalui hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian di era digital. Dr. Maulana Rezi Ramadhana, S.Psi, M.Psi, CHCM, CBA, Psikolog , dosen Ilmu Komunikasi, Telkom University membahas strategi untuk meningkatkan kualitas hasil penelitian dengan fokus pada bidang psikologi. s

Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si selaku dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimanatan Timur yang menekankan pentingnya kerja sama erat antara industri dan dunia akademis dalam menghadapi tuntutan era digital, dan Dr. St.Tri Guntur Narwaya, M.Si. ,dosen Ilmu Komunikasi UMBY yang mengulas "Etika Publikasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat", membahas prinsip-prinsip etika dalam proses publikasi hasil penelitian.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (Fikomm) UMBY, Dr. Didik Haryadi Santoso, M.A, mengungkapkan terima kasihnya atas dukungan dan pasrtisipasi semua pihak dalam terselenggaranya acara tersebut. Ia juga menekankan pentingnya kegiatan ini dalam pengembangan ilmu dan keterampilan di Fikomm.

“Kami percaya bahwa hilirisasi bukan hanya tentang menyebarkan informasi, tetapi juga tentang bagaimana informasi tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan secara kreatif untuk meningkatkan kompetensi di bidang ilmu komunikasi dan multimedia,” ungkapnya.

Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P., MCE. dalam sambutannya menekankan peran penting hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian sebagai tanggung jawab dosen dalam meningkatkan rekognisi dan kompetensi. “Sangat penting bagi para dosen untuk tidak hanya menghasilkan penelitian dan pengabdian yang berkualitas, tetapi juga memastikan bahwa hasil-hasil ini tersebar luas dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” ujarnya.