Fakultas Ekonomi UMBY Gelar International Webinar Bahas Sociopreneurship Global
29 Nov 2023
192
by Fitriana Fitriana
Foto: Prof. Vikas Kumar dari Central University of Haryana India saat memaparkan materi

Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan International Webinar Series Sociopreneurship And Global Economic Challenge dengan tema Creativerpreneurship Development Through Business Digitalization. Webinar dilaksanakan secara blended (luring dan daring) dengan diikuti lebih dari 600 peserta, di Auditorium Kampus 3 pada Rabu (22/11/2023).

Dekan Fakultas Ekonomi UMBY, Dr. Audita Nuvriasi SE MM mengatakan, International Webinar Series menghadirkan enam nara sumber dari dalam dan  luar negeri. Ke-6 nara sumber itu adalah Prof. Vikas Kumar dari Central University of Haryana India, Dr. Bazilah A. Talip dari University Kuala Lumpur Malaysia, dan Hasan Karacan, P.hD. dari Cyprus Science University Turkey. Selanjutnya, Dr. Ian B. Arcega dari Capiz State University Philipine, Dr. Dorothea W. Ariani dari UMBY, dan Dr. Wing Wahyu Winarno dari STIE YKPN Yogyakarta Indonesia.

“Sociopreneurs memiliki peran penting dalam memecahkan isu sosial yang sedang dihadapi. Tidak jarang kesuksesan seseorang justru bisa diraih dengan mengaplikasikan sociopreneurs dalam kehidupan sehari-hari,” kata Prof. Vikas Kumar.

Semua itu, lanjutnya, tidak instan melainkan membutuhkan proses. Tapi, ia optimis mahasiswa UMBY bisa. Apalagi sociopreneurship merupakan salah satu matakuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Fakultas Ekonomi UMBY.

Menurut Prof Vikas, mahasiswa harus berani menjadi sociopreneur yang berperan besar dalam membuka lapangan pekerjaan sekaligus berkontribusi dalam memecahkan persoalan sosial. Semua itu akan bisa diwujudkan apabila para mahasiswa rajin belajar, terus berupaya meningkatkan kompetensi serta mengembangkan inovasi. Sebab di era sekarang penguasaan materi akademik saja tidak cukup, perlu diimbangi kreativias dan inovasi.

"Dengan hadirnya beberapa pemateri dari luar negeri diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa, sehingga mengetahui perkembangan dunia kewirausahaan dan peluang-peluang yang ada di berbagai negara. Kegiatan ini dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dalam berwirausaha," kata Ketua Panitia International Webinar, Dr. Asep Rochyadi M.Si.