Fakultas Agroindustri UMBY Peringati Dies Natalis ke-16
05 Apr 2024
384
by Fitriana Fitriana

Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan acara tasyakuran dan buka bersama guna memperingati Dies Natalis ke-16. Acara digelar di Lobby Gedung Fakultas Agroindustri UMBY pada Kamis (04/04/24). Acara ini dihadiri langsung Dekan beserta jajaran, dosen dan tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa dari lembaga kependidikan yang ada di lingkungan Fakultas Agroindustri.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Agroindustri, Dr. Chatarina Lilis Suryani, S.TP., M.P., menerangkan buka bersama dan tasyakuran Dies Natalis Fakultas yang ke-16 mengangkat tema "Fostering Collaboration and Innovation to Accelerate Academic Achievement".

Peringatan Dies Natalis ke-16 merupakan momentum untuk meningkatkan harmonisasi dan kekeluargaan dari semua civitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa sehingga dapat bersinergi dalam mengembangkan inovasi kolaboratif untuk kinerja akademik yang lebih baik. Dinyatakan pula bahwa ada tiga momentum yang harus dilakukan yaitu ucapan Syukur karena berbagai prestasi program studi, dosen, dan mahasiswa selama tahun 2023. Selanjutnya dengan Dies Natalis diharapkan ada regenerasi dan keberlanjutan praktik, serta momentum untuk refleksi diri dan evaluasi.

Chatarina Lilis menjelaskan bahwa saat ini Fakultas Agroindustri memiliki 4 Guru Besar, 46% bergelar Doktor, 48% dosen Lektor Kepala, 29% dosen Lektor. Hal tersebut menunjukkan bahwa Fakultas Agroindustri UMBY memiliki sumber daya yang unggul.

“Harapannya, seluruh civitas akademika Fakultas Agroindustri dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak karena kedepan tantangan semakin komplek. Fakultas akan fokus dan mengembangkan keunggulan atau kekhasan yaitu dalam sistem bidang pertanian terpadu,” harap Lilis Suryani.

Menurut Ir. Wafit Dinarto, M.Si., MCE., tasyakuran Dies Natalis juga termasuk dalam refleksi diri agar Fakultas Agroindustri menilik perjuangan masa lalu untuk dapat menguatkan dan mengembangkan diri di masa mendatang.

“Seperti cita-cita pendiri UMBY, almarhum H. Probosutejo bahwa Indonesia memiliki peluang sangat besar pada sektor pertanian, sehingga Fakultas Agroindustri terus berupaya mencetak lulusan ataupun insan pertanian yang berkualitas dalam mengembangkan sektor pertanian di Indonesia sehingga akan terwujudnya masyarakat yang sejahtera melalui sektor pertanian,” papar Wafit Dinarto.

Dalam kegiatan tersebut, wakil dosen, Ir. FX. Suwarta, MP., menyatakan bahwa para perintis Fakultas Agroindustri antara lain Ir. Sugiharto, Prof. Soedarwono (Fakultas Pertanian) dan Prof Ir. Kamariyani dan Ir. Hendro Pawoko Sayid (Fakultas Teknologi Pertanian) selalu berpesan kepada para dosen agar tidak melupakan tugas utamanya yaitu mengajar dengan penuh perhatian, sabar, dan telaten. Sedangkan wakil mahasiswa, Gubernur BEM Fakultas Agroindustri, Ali Ramdhani berharap berbagai rencana pembangunan sarana pendukung unggulan fakultas dapat segera terealisasi sehingga akan membantu mahasiswa dalam proses belajar dan praktik.