KKN 46 UMBY Lakukan Pendampingan Penjualan Produk Melalui Digital Marketing pada UMKM Sarisa Merapi
02 Feb 2022
52
by Admin Demo

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang tergabung dalam KKN Tematik kelompok 46 melaksanakan program kerja KKN di UMKM Sarisa Merapi (P4S) Dusun Kemiri, Purwo Binangun, Pakem, Sleman, DIY.

Mahasiswa KKN Tematik kelompok 46 berkesempatan untuk menganalisis permasalahan yang sedang dihadapi oleh UMKM Sarisa Merapi, yaitu kurang maksimalnya pemanfaatan Digital Marketing di Sarisa Merapi, hal tersebut menjadi hambatan dalam pemasaran produk. Pada masa pandemi ini Digital Marketing sangat membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk dalam jangkauan luas.

KKN Tematik kelompok 46 UMBY mempunyai program kerja untuk mendukung pemasaran produk dengan memanfaatkan akun sosial media Sarisa Merapi. KKN Tematik kelompok 46 UMBY memberikan pendampingan dalam strategi pemasaran online dengan membuat katalog produk, pengelolaan digital marketing seperti pembuatan website, serta langkah-langkah membuat tampilan produk yang lebih menarik untuk di pasarkan di akun sosial media maupun marketplace. Tujuan program kerja digital marketing untuk menghubungkan pelaku usaha dan konsumen, serta memberikan wawasan kepada pelaku UMKM dalam menyusun strategi pemasaran secara online.

Selain itu, KKN tematik kelompok 46 UMBY ini mempunyai program kerja untuk mendukung Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di tengah pandemi dengan melakukan pemasangan alat ukur suhu, alat handsanitizer, mouth shield, vitamin C, lampu uv sterilisasi, penempelan poster protokol kesehatan di area tempat kerja, lalu di adakannya sosialisasi penerapan dan perawatan program tersebut. Tujuan dilakukan program kerja ini untuk meminimalisir, mencegah, dan mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19 pada karyawan maupun pengunjung.

Kegiatan KKN ini mendapatkan respon positif dari owner sekaligus pengelola UMKM Sarisa Merapi.

 “Alhamdulilah, semoga dengan adanya kegiatan mahasiswa KKN dari UMBY ini bisa membantu kami dalam mengembangkan pemasaran melalui digital marketing,” ujar Ibu Rini Handayani

Selain itu respon positif lain juga disampaikan oleh salah satu karyawan.

“Dengan adanya mahasiswa KKN UMBY ini dapat bermanfaat untuk UMKM maupun karyawan, dan juga bisa membantu karyawan tetap bekerja dengan menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang baik,” ujar Ibu Siti

Semua program kerja yang dilakukan KKN Tematik kelompok 46 umby tersebut dibimbing oleh Bapak Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom selaku dosen pembimbing lapangan. Kegiatan KKN Tematik kelompok 46 UMBY berlangsung sejak 22 Januari – 18 Februari 2022.