Kali Pertama UMBY Gelar Wisuda di Sport Center, 47.77 Persen Lulus Cumlaude
29 May 2023
922
by Farida Dian Farida Dian

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar Wisuda Sarjana ke-46 dan Pascasarjana ke- 21 Tahun Akademik 2022/2023 di gedung baru Sport Center Kampus 1 UMBY Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul, Sabtu (27/5/2023). Ini adalah pertama kalinya sport center digunakan sebagai tempat wisuda.

Wisuda digelar dengan rapat senat terbuka dipimpin Rektor Dr Agus Slamet dan dihadiri pula oleh Dewan Pembina Yayasan Wangsamanggala, Rindang Sari Kurniawati MA serta pengurus yayasan yakni Aryo Winoto S Pt, Teguh Wahyudi SE., dan Mami Lestari S Psi. Pada wisuda kali ini, UMBY mempersembahkan lulusan sebanyak 784 wisudawan. Terdiri dari wisudawan Sarjana Strata 1 sebanyak 761 orang dan Pascasarjana Strata 2 sebanyak 23 orang. Mereka dari Fakultas Psikologi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia, Fakultas Agroindustri dan Fakultas Ekonomi.

“Dengan wisuda hari ini maka UMBY yang awalnya Universitas Wangsa Manggala telah menghasilkan 19.114 lulusan, Dimana lulusan ini merupakan wujud tanggungjawab UMBY sesuai dengan harapan pendirinya, yakni H.R. Probosoetedjo yaitu Angudi Mulyaning Bangsa,” kata Rektor UMBY, Dr Agus Slamet. 

Menurutnya, wisuda kali ini cukup istimewa karena ada 375 wisudawan atau 47.77 persen lulus dengan predikat cumlaude. Lulusan terbaik S1 diraih Devi Fitri Astuti dari Prodi Teknlogi Hasil Pertanian dengan IPK 3,94. Sedangkan untuk jenjang S2 diraih Karen Diana Savitri dari prodi Magister Psikologi Profesi dengan IPK 3,93.

"Ingatlah selalu bahwa, Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah almamater kalian, untuk terus menjaga nama baik almamater. Selamat berkarya untuk masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Jadilah alumni Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang membanggakan dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia," tandas rektor.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta secara terus menerus meningkatkan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dosen dan tenaga kependidikan. Jumlah dosen yang menempuh studi lanjut S3 saat meningkat, sehingga dalam waktu 2-3 tahun mendatang jumlah dosen yang bergelar doktor lebih dari 40 persen.

Selain peningkatan kualifikasi pendidikan S3, juga peningkatan jabatan akademik dosen baik Lektor Kepala dan Profesor. Penambahan sarana, prasarana dan fasilitas pendidikan terus dilakukan di antaranya perbaikan gedung, laboratorium, dan peralatan laboratorium serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

"Kami mohon doa restu pada hadirin sekalian agar Universitas Mercu Buana Yogyakarta semakin jaya mewujudkan harapan pendiri universitas yakni Angudi Mulyaning Bangsa. Visi Universitas Mercu Buana Yogyakarta menjadi universitas yang unggul di bidang sociopreneur tingkat nasional dan berwawasan internasional pada tahun 2029. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan sinergi dari sivitas akademika, jalinan kerja sama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri," tambahnya.