Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi UMB Yogyakarta yang tergabung dalam Gerakan Anti Plagiarisme FIKOM (GAP FIKOM), pada tanggal 19-23 juni kemarin mengadakan kampanye pemasaran sosial dengan tema besar âAnti Plagiarismâ. Kampanye yang dilakukan di lingkungan Kampus 1 dan Kampus 2 Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini mendapat banyak dukungan dari Mahasiswa, Dosen, dan Pihak Universitas.
Dalam Kampanye ini GAP FIKOM memberikan penjelasan dan pemahaman tentang plagiarisme serta dampak negatif dari plagiarisme ini. Dan tak hanya itu, dibagikan juga pembatas buku yang bertuliskan â I am not and never be a plagiarist, if someday I do I am ashamed of myselfâ.  Serta di akhir Kampanye GAP FIKOM mengajak mahasiswa âmahasiswa lainnya untuk stop copy-paste dan menandatangani dukungan Anti Plagiarisme pada Spanduk yang sudah disiapkan.
Dalam wawancaranya, Shandy Jessica selaku koordinator Kampanye ini menjelaskan âkegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami (GAP FIKOM) sebagai civitas akademisi atas maraknya tindak plagiat yang sangat meresahkan dan mencoreng integritas dunia kampus. Saat ini Plagiator dianggap sebagai âsampah akademisâ dan tidak ada pembenaran apapun terhadap tindak plagiarismeâ.
Dengan kampanye ini, diharapkan terjadi suatu bentuk perubahan sesuai dengan konsep social marketing yakni mengubah pola pikir atau daya kognitif, sikap, atau afektif, serta untuk perubahan jangka panjang melalui tingkah laku atau behavior. Mempertimbangkan suatu perubahan jangka panjang adalah goal dari kampanye ini, aspek life style akan menjadi keypoint yang akan memperkuat gagasan dari kampanye ini.
"Kampanye kecil yang masih sarat dengan keterbatasan ini menjadi aksi nyata atas kepercayaan kami bahwa perubahan besar adalah hasil akumulasi dari perubahan-perubahan kecilâ , tandas Shandy.