Gelar Kolaborasi Global, UMBY Gandeng Prof. Uichol Kim Dari Inha University Terkait Academic Writing

Yogyakarta (17/01) - Bagian Kerja Sama Luar Negeri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkolaborasi dengan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan Workshop dengan judul “Worskhop on Effective Academic Writing for Publication in a High Impact Journal”. Acara diadakan pada Selasa (17/01/2023) bertempat di Kampus 3 UMBY Jalan Ringroad Utara Ngropoh Condongcatur Sleman, secara luring.


Kegiatan workshop ini  menghadirkan Prof. Uichol Kim dari Inha University, Korea yang merupakan Founder & Presiden dari International Association of Indigenous and Cultural Psychology. Acara ini diikuti oleh 60 peserta dari Dosen UMBY yang dimoderatori oleh Aditya Putra Kurniawan, MSH., Couns. 


Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri UMBY, Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum menyampaikan terima kasih kepada Prof. Uichol Kim atas kedatangannya ke UMBY sebagai pembicara workshop dan menyampaikan kolaborasi hari ini sebagai bentuk dedikasi UMBY terkait pertukaran budaya dan berbagi ilmu pengetahuan.


“Saya berkomitmen untuk mendorong kerja sama yang bermakna bersama instansi maupun individu di seluruh dunia. Kolaborasi dengan Prof. Uichol Kim merupakan salah satu bentuk dari dedikasi kami untuk pertukaran lintas budaya dan berbagi ilmu pengetahuan,” kata Daniel 


Ketua Pelaksana kegiatan Workshop, Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., M.A menyampaikan bahwa tujuan acara workshop ini yaitu untuk membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan alat untuk mengembangkan keterampilan academic writing secara efektif dan mengeksplorasi proses penerbitan jurnal.


Harapannya, para peserta Dosen UMBY memiliki lebih banyak publikasi yang terbit di jurnal bereputasi,” harapnya


Prof. Uichol Kim, memberikan materi terkait academic writing yang mendorong peserta untuk meningkatkan kemampuan academic writing yakni dengan menjelaskan langkah-langkah untuk dapat meningkatkan kemampuan academic writing, yaitu harus berpikir jernih, memikirkan satu ide yang membuahkan satu kalimat, mengembangkan satu kalimat menjadi satu paragraf dan satu argumen, kembangkan daftar isi yang mengatur ide-ide untuk diubah menjadi suatu paragraf, catat dalam bentuk poin ide-ide yang menjadi kunci untuk dimasukkan dalam sebuah paragraf, gunakan heading dan sub-heading untuk mengatur ide, hapus ide dan argumen yang tidak relevan, dan terakhir, kembangkan figur untuk mengatur informasi secara visual.


“Jadilah peneliti yang penasaran untuk terus menggali data, dapatkan informasi lebih luas melalui jurnal dari berbagai negara. Bahasa bukanlah hambatan, karena yang penting adalah data,” jelas Prof. Uichol Kim

PENERIMAAN MABA

Info PMB