Tim PkM UMBY Adakan Pelatihan Bahasa Inggris dan Public Speaking untuk Desa Sumberadi

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Peningkatan Human Capital Melalui Pelatihan Bahasa Inggris dan Public Speaking”. Program ini berlangsung selama dua bulan dari tanggal 19 November hingga 27 Desember 2022 yang diikuti oleh 25 orang warga Sumberadi dari berbagai kalangan dan rentang usia.


Pelatihan ini diselenggarakan di Balai Desa Sumberadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang membahas beberapa materi Public Speaking yaitu komunikasi verbal dan non-verbal, Hosting/MC. Sedangkan untuk bahasa Inggris peserta mendapatkan materi mengenai Self-Introduction, Exchanging Information, how to ask and answering questions, describing (product/place/people).


Tim PkM ini diketuai oleh Restu Arini, M.Pd. selaku dosen UMBY, dan beranggotakan dua dosen yakni Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum dari dosen UMBY dan Supartini, S.E., M.Sc. dari dosen Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO).


Restu Arini, M.Pd selaku ketua Tim PkM mengatakan, acara pelatihan ini menyasar usia produktif untuk pengembangan softskill yaitu Bahasa Inggris dan Public Speaking karena menguasai kedua ketrampilan tersebut sangat menunjang performa kinerja dan memberi kesempatan kerja yang lebih luas.


“Kami berharap pelatihan ini dapat membantu warga Sumberadi meningkatkan softskill sehingga menjadi nilai tambah karena human capital yang berkualitas akan berpengaruh pada performa kerja dan kesejahteraan,” ujar Restu Arini.


Sementara itu, Drs. Hadi Sunyoto selaku Kepala Desa Sumberadi sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan ini akan berkelanjutan.


“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan Bahasa Inggris warga Sumberadi dan berharap selanjutnya ada pelatihan-pelatihan lainnya dari UMBY,” ujar  Drs. Hadi Sunyoto


Sebagaimana pernyataan salah satu peserta yaitu Koriati Sairin, merasa senang dengan adanya pelatihan Public Speaking.


 “Kami bangga bisa mengikuti pelatihan ini karena Public Speaking dan terutama bahasa Inggris di jaman milenial ini sangatlah penting,” ujarnya.

PENERIMAAN MABA

Info PMB