Fakultas Agroindustri UMBY Jalin Kolaborasi dengan UniKL MICET

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menerima kunjungan dari University Kuala Lumpur Malaysian Institute of Chemical and Bioengineering Technology (UniKL MICET) pada 28 November 2022 hingga 4 Desember 2022. Kegiatan ini bertajuk “UniKL MICET Students International Mobility Program in Collaboration with the Faculty of Agroindustri UMBY”.


Pada Selasa (29/11/2022) telah diselenggarakan seminar bertempat di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY Jalan Wates. Seminar ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Dwiyati Puji Mulyani, M.P (Ka. Prodi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian UMBY) yang memberikan materi mengenai functional food processing, kemudian Dr. Amin Safwan Alikasturi selaku Senior Lecture UniKL MICET yang memberikan presentasi tentang cellulose biomass as future sustainable energy, serta Dr. Aliff Radzuan selaku Senior Lecture UniKL MICET yang memberikan presentasi mengenai remediation for better environment.


Kemudian, pada Rabu (30/11/2022) diselenggarakan seminar yang membahas mengenai program studi yang ada di Fakultas Agroindustri meliputi Program studi Teknologi Hasil Pangan dijelaskan oleh Agus Setiyoko, STP, M.Sc, Prodi Peternakan dijelaskan oleh drh. Anastasia Mamilisti S., MP, Prodi Agroteknologi dijelaskan oleh Dr. Ir. Bambang Nugroho, MP., dan Prodi Magister Ilmu Pangan dijelaskan oleh Dr. Ir.  Siti Tamaroh CM., MP.


Rektor UMBY, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P dalam sambutannya menjelaskan mengenai profil UMBY meliputi fakultas dan prodi yang ada di UMBY, dan berharap kunjungan ini menjadi titik awal untuk menjalin kerjasama dalam implementasi tridharma perguruan tinggi yakni bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


“Harapannya, jalinan silaturahmi ini bisa bermanfaat bagi UMBY dan UniKL, dan dapat berlanjut melalui berbagai kegiatan tridharma perguruan tinggi maupun pertukaran antar mahasiswa,” tuturnya.


Dr. Amin Safwan Alikasturi (Senior Lecture UniKL MICET) menyampaikan rasa terimakasihnya karena telah disambut dengan baik oleh UMBY dan mengatakan tujuan datang ke UMBY sekaligus untuk melakukan penelitian analisis penilaian risiko ergonomic pada karyawan di UMBY (Ergonomic Risk Assesment, Employee Self-Assesment).


“Kami sangat senang sekali dapat hadir di UMBY untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Harapannya kegiatan ini dapat berkelanjutan, meliputi bidang food engineering, baik untuk student exchange ataupun lecture exchange,” ujar Dr. Amin.


Daniel Ari Widhiatama, S.Pd., M.Hum. selaku kepala bagian kerjasama luar negeri UMBY menyampaikan bahwa ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi UMBY khususnya Fakultas Agroindustri dan UniKL MICET untuk lebih mengenal kekhasan dan keunggulan keilmuan di masing-masing Lembaga.


“Sehingga dalam waktu singkat akan mudah dalam memetakan aktivitas tridharma mana yang bisa dilakukan secara bersama baik bagi dosen maupun mahasiswa,” tuturnya


Acara ini diikuti oleh Dosen Fakultas Agroindustri UMBY, Mahasiswa UniKL, Mahasiswa UMBY Fakultas Agroindustri meliputi Himpunan Mahasiswa Peternakan (HIMASTER), Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO), dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEPA).

PENERIMAAN MABA

Info PMB