HIMAJ UMBY Gelar Webinar Pemanfaatan Digital Marketing

Pada Minggu (27/11/2022) Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAJ) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan webinar marketing dengan mengangkat tema “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha UMKM Di Era 5.0”. Acara diselenggarakan secara online melalui zoom dan diikuti oleh 312 orang meliputi mahasiswa UMBY dan masyarakat umum.


Webinar ini menghadirkan dua pembicara yakni Awan Santoso S.E.,M.Sc selaku dosen UMBY dan Aditya Katamsi selaku Digital Marketing Eksekutif, Performance Marketing, dan CRM Spesialis. Acara dimoderatori oleh Sri Fenny selaku Demisioner HIMAJ.


Widya Puspita Asmarani sebagai Ketua Panitia dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan pada peserta webinar agar lebih siap dalam menghadapi persaingan pasar di era ini.


Senada dengan itu, ketua HIMAJ UMBY, Bagas Tegar Saputra berharap webinar ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang ingin memulai usaha, khususnya untuk usaha kecil menengah dengan memanfaatkan webinar digital marketing.


Sementara itu, Ketua Program Studi Fakultas Ekonomi UMBY Rina Dwiarti S.E., M.Si mengatakan bahwa harapannya webinar ini akan bermanfaat bagi UMKM maupun mahasiswa UMBY dalam memahami Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha UMKM.


Pemateri pertama, Awan Santosa S.E.,M.Sc sebagai Dosen UMBY dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa dalam digital marketing era 5.0 pusatnya terletak pada teknologi yang sudah menggunakan big data. Kemudian, terdapat strategi digital marketing kreatif untuk UMKM yaitu dimulai dengan tahap menentukan target pasar, memilih produk, serta membangun media sosial.


“Dimana dalam digital marketing memiliki keunggulan bagi UMKM yaitu dalam operasional, biaya yang lebih murah dan jangkauan lebih luas,” jelas Awan Santosa S.E.,M.Sc


Sementara itu, pemateri kedua yakni Aditya Katamsi sebagai Digital marketing eksekutif, performance marketing dan CRM spesialis dalam paparan materinya mengatakan, pada era 5.0, perilaku konsumen dalam era digital dapat memanfaatkan berbagai inovasi dan teknologi dengan cara mengaplikasikan digital marketing, yang pertama melakukan riset kompetitor, bangun aset digital, kolaborasi promosi menarik, digital ads.


“Hal yang menarik dari digital marketing yaitu waktu dan tempat kerja yang fleksibel serta dituntut untuk selalu berpikir kreatif,” ujar Aditya Katamsi

PENERIMAAN MABA

Info PMB