Kuliah Umum FIKOMM UMBY Undang Pemateri dari Malaysia

Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta memulai perkuliahan luring TA. 2022/2023 dengan menggelar kuliah umum pada Senin (19/09/2022). Mengusung tema "Ethic and Discourse On Online Journalism In Malaysia”, FIKOMM UMBY menghadirkan narasumber dosen program Komunikasi Universitas Sains Islam Malaysia, Dr. Muhammad Raqib Bin Mohd Sofian.


Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium Kampus 3 UMBY dibuka oleh Dekan FIKOMM UMBY, Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I.,M.A. dengan dimoderatori oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi, Rani Dwi Lestari, S.Sos., M.A.


Didik Haryadi menyampaikan bahwa pemilihan tema ini karena isu tentang etika jurnalisme kerap menjadi problem mendasar di berbagai negara termasuk di Indonesia maupun Malaysia sehingga perlu dipelajari.


“Era kita tidak lagi hanya era kompetisi, akan tetapi juga era kolaborasi,” ujar Didik Haryadi.


Dr. Muhammad Raqib Bin Mohd Sofian dihadapan lebih dari 600 mahasiswa menjelaskan dengan cukup menarik. Muhammad Raqib mengutarakan bahwa dunia jurnalisme sangat menyenangkan tetapi profesi sebagai jurnalis sangat serius karena harus berhati-hati dengan materi yang dipublikasikan.


“Setiap yang disampaikan jurnalis memiliki konsekuensi, jadi harus berhati-hati terhadap yang dipublikasikan. Semua materi sebelum dipublikasikan harus diolah berdasarkan sumber atau data yang tepat,” jelas Muhammad Raqib.


Moderator dalam kuliah umum sekaligus kaprodi Ilmu Komunikasi, Rani Dwi Lestari, M.A. menegaskan bahwa  jurnalisme menarik untuk diperbincangkan dan sangat penting untuk di pahami agar bisa menjadi tolak ukur. Disamping itu untuk mengetahui adanya perbedaan kebebasan jurnalis dalam bertindak dan berpendapat antara negara Indonesia dan Malaysia.


Kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuis, para pemenang kuis mendapatkan hadiah menarik dari narasumber Dr. Muhammad Raqib Bin Mohd Sofian.

PENERIMAAN MABA

Info PMB