Tim PkM UMBY Beri Pelatihan Video Editing Pada Guru SLB Muhammadiyah Gamping

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pelatihan video editing bersama para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Muhammadiyah Gamping.


Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY pada hari Rabu (14/09/2022), yang diikuti oleh seluruh staf Guru SLB Muhammadiyah Gamping dan satu orang mahasiswa magang.


Tim PkM ini terdiri dari 3 dosen yang diketuai oleh Indah Susilawati, S.T., M.Eng., yang beranggotakan Imam Suharjo, S.T., M.Eng., dan Putry Wahyu Setyaningsih, S.Kom., M.Kom.


Indah Susilawati, S.T., M.Eng., selaku ketua Tim PkM menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memperkaya bahan ajar terutama dalam mata pelajaran keterampilan.


Pelatihan editing video ini merupakan kegiatan lanjutan dari program pengabdian sebelumnya, yaitu pelatihan produksi seni ecoprint pada media kain yang dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2022. Hasil dokumentasi kegiatan pelatihan inilah yang digunakan dalam pelatihan video editing.


Pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam ini, diakhiri dengan game test ringan sebagai bahan evaluasi keberhasilan transfer ilmu selama pelatihan dan pemberian doorprize bagi dua peserta terbaik.


Selain pelatihan video editing, Tim PkM UMBY juga menyerahkan dokumen panduan membuat seni ecoprint di media kain, serta dokumen foto dan video yang siap pakai.


Puthut salah satu guru mewakili sekolah, menyampaikan apresiasi dan harapannya atas pelatihan yang diberikan oleh Tim PkM UMBY.


“Semoga acara ini bermanfaat bagi para siswa. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung salah satu misi dari sekolah yaitu membekali peserta didik,” kata Puthut.


“Kami berharap, Tim PkM UMBY dan SLB Muhammadiyah Gamping dapat terus bersinergi sebagai mitra tahun depan,” pungkasnya.


Senada dengan Puthut, Imam Suharjo, S.T., M.Eng., juga menyampaikan kesiapan tim PkM untuk melanjutkan kerjasama yang telah dilakukan dengan SLB Muhammadiyah Gamping.


“Untuk kedepannya, kami siap mendampingi SLB Muhammadiyah Gamping untuk melanjutkan kerjasama jika diperlukan,” imbuh Imam menutup sesi pelatihan.

PENERIMAAN MABA

Info PMB