KKN 43 Rangkul Masyarakat Dusun Wiropati Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Kelompok 43 Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan program Menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau disingkat dengan (PHBS) dengan mengajak masyarakat di Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah melakukan kegiatan memilah sampah organik, anorganik dan B3.


PHBS ini adalah bentuk hidup bersih dan sehat dalam masyarakat yang bertujuan untuk menghindari dampak penyakit Demam Berdarah dan meningkatkan kesehatan lingkungan yang dapat berpengaruh dalam kesehatan masyarakat secara fisik, mental, spiritual dan juga kehidupan sosial. Program PHBS ini nantinya akan dikemas dengan sosialisasi ke masyarakat, nantinya sosialisasi ini akan dibagi menjadi dua sub materi yang disesuaikan dengan usia. Upaya dari adanya sosialisasi PHBS ini untuk pengetahuan masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat agar nantinya juga mampu mempraktikan PHBS ini dalam kehidupan langsung.


Dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN kelompok 43 UMBY, Reo Sambodo, S. P., M. M. A, sangat mendukung program kerja yang kelompok 43 laksanakan.


“Saya berharap dengan adanya program PHSB ini, bisa membantu seluruh masyarakat Wiropati dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih untuk kedepannya,” ujarnya


Praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) itu sendiri di realisasikan dalam pembuatan bak sampah dengan tiga kategori yaitu, organik, non organik dan B3. Peletakan bak sampah berada di enam titik dusun wiropati yang telah di tentukan. Adapun lokasi penempatanya adalah Masjid, SDN wiropati, Rumah Baca, Pemakaman Umum, TK PGRI wiropati, Rumah Kepala dusun. 


Deny Christian Bani sebagai Ketua Kelompok KKN 43 UMBY mengatakan antusias dari masyarakat sangat positif dari kegiatan yang dilaksanakan.


“Harapan kami dari kelompok 43, dalam penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) semoga dapat bermanfaat dan dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh masyarakat dusun Wiropati,” Ucapnya.


Program ini disambut dengan baik oleh Bapak Sulistyo selaku Kepala Dusun Wiropati karena dengan adanya program KKN dari kelompok 43 ini berdampak baik bagi masyarakat Dusun Wiropati.


“Adanya penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pengadaan tempat sampah dari adik – adik KKN kelompok 43 sangat bermanfaat bagi desa kami” ujarnya.

PENERIMAAN MABA

Info PMB