KKN 54 UMBY Sosialisasikan Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik

Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 54 melaksanakan program kerja berupa sosialisasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah rumah tangga sebagai upaya dalam menanggulangi sampah. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Minggu, (07/08/2022).


Sampah rumah tangga merupakan sampah yang berasal dari kegiatan sehari-hari manusia di dapur, kamar mandi, atau pun hasil dari cucian. Sampah rumah tangga jika tidak ditanggulangi dengan benar dapat berpotensi mencemari lingkungan dan merusak ekosistem sekitar. Di Dusun Gejayan sendiri, tidak ada truk pengangkut sampah serta Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang menjadi penyebab masalah.


Febiyona Aliza selaku ketua kelompok 54 KKN-PPM UMBY menjelaskan bahwa tujuan dari program kerja ini adalah untuk mengedukasi warga tentang pengelolaan sampah sehingga warga tidak lagi membuang sampah sembarangan


“Selain itu, harapannya dengan adanya kegiatan ini, warga dapat mengelola sampah organik atau pun anorganik dengan optimal,” jelasnya.


Aep Saepudin selaku penanggung jawab program kerja pengelolaan sampah organik dan anorganik menambahkan bahwa kegiatan edukasi yang dilakukan oleh kelompok 54 KKN UMBY dapat menjadi sumber inspirasi masyarakat dalam pengelolaan sampah sehingga masyarakat tidak langsung membuang sampah miliknya.


“Kami, seluruh anggota kelompok 54 KKN UMBY, berharap agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan dan mulai sadar akan pentingnya kesehatan lingkungan,” ucapnya

PENERIMAAN MABA

Info PMB