Ajari Digital Marketing, KKN UMBY Dampingi UMKM Langgeng Mulyo Food

Kelompok 12 Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan pendampingan Digital Marketing pada UMKM Langgeng Mulyo Food yang berlokasi di Padukuhan Butuh, Kalurahan Pulutan, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Program tersebut dilaksanakan mulai 25 Juli 2022 sampai 25 Agustus 2022, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Zaenal Wafa, S.Kom., M.Kom


Bagus selaku anggota KKN Kelompok 12 UMBY, mengatakan, pandemi sangat mengubah cara konsumen menggunakan e-commerce dan solusi digital. Akibatnya, banyak bisnis offline yang kesulitan mencari pelanggan sehingga profitabilitasnya rendah.


“kami dari Kelompok 12 KKN-PPM UMBY 2022 memilih untuk melakukan program membantu UMKM Langgeng Mulyo Food dengan membangun sistem pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan,” ungkap Bagus.


Pelaku UMKM akan diberikan pelatihan terkait manfaat media sosial sebagai peluang usaha dan juga sebagai media pemasaran. Selain itu pengembangan UMKM Langgeng Mulyo Food dimulai dengan pembuatan desain logo. Sebab logo sangat penting karena logo adalah identitas atau pun penanda dari UMKM agar bisa dibedakan dan mudah dikenali oleh konsumen. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan desain banner, brosur, dan desain packaging.


Selain itu, Kelompok 12 KKN-PPM UMBY 2022 juga melakukan hunting produk dengan menggunakan mini studio yang di buat sendiri yang berguna sebagai bahan untuk posting di media sosial agar produk terlihat lebih menarik.


Bagus menambahkan, setelah pembuatan materi untuk posting di media sosial dilanjutkan dengan pembuatan website UMKM, pengoptimalan akun instagram bisnis, akun tiktok dan pembuatan akun marketplace Shopee dan tokopedia sebagai pengembangan UMKM dan untuk memperluas pasar.


“Dengan dibuatkannya akun marketplace Shope dan tokopedia dapat mempermudah para pembeli atau konsumen di luar daerah yang ingin mencicipi keripik khas dari UMKM Langgeng Mulyo Food. Hal tersebut yang nantinya dapat memperluas pemasaran dan produk semakin dikenal sampai ke luar daerah,” kata Bagus.


Sementara itu, Pemilik UMKM Langgeng Mulyo Food, Sumiyati mengaku sangat terbantu dengan adanya program KKN dari kelompok 12 UMBY yang mengajarkan cara digital marketing untuk UMKM miliknya.


“Sekarang saya sudah mulai jualan online, semoga bisa lebih mengembangkan usaha saya dan keluarga,” ucap Sumiyati.

PENERIMAAN MABA

Info PMB