Mahasiswa KKN 48 UMBY Bantu Pembangunan Masjid di Dusun Semen

Masjid merupakan tempat ibadah umat islam yang banyak tersebar di wilayah dengan mayoritas masyarakat muslim seperti di Indonesia. Selain itu, masjid juga merupakan tempat menimba ilmu agama, dan tidak jarang menjadi tempat diadakannya berbagai event lain.


Atas dasar tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 48 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), berinisiatif membantu pembangunan masjid bersama warga Dusun Semen, Kelurahan Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sejak Sabtu (30/07/2022).


Disebutkan bahwa masjid yang dibangun di dusun Semen mengalami berbagai kendala, sehingga pembangunan berjalan lambat hingga mencapai tahun ketiga.


Oleh karena itu, mahasiswa KKN kelompok 48 memberikan bantuan dengan melakukan penggalangan dana, pembuatan desain ornamen masjid, hingga ikut turun terjun langsung dengan masyarakat sekitar untuk menyelesaikan pembangunan masjid.


Kholis Nur Arifin, selaku ketua KKN kelompok 48 UMBY turut menyampaikan tujuan  atas diadakannya kegiatan ini.


“Tujuan kami disini tidak hanya sebatas membantu pembangunan masjid, namun juga memberdayakan masyarakat setempat,” jelas Kholis.


Penanggung jawab kegiatan penggalangan dana, Putri Novi Sita Dewi menyampaikan, bahwa penggalangan dana yang dilakukan bersifat online melalui sosial media KKN kelompok 48 UMBY dan warga setempat.


“Penggalangan dana kali ini kami lakukan dengan memanfaatkan platform penggalangan dana online, selanjutnya dibagikan melalui berbagai channel sosial media untuk mempercepat tersebarnya informasi,” jelas Putri.


Putra Darma Asih, selaku penanggung jawab program ikut memberikan penjelasan tentang tata cara pembuatan desain ornamen masjid kepada masyarakat setempat.


“Pembuatan desain ornamen sendiri dilakukan dengan bantuan komputer yang dikerjakan bersama dengan warga setempat, sehingga diharapkan ilmu yang didapat bersifat berkelanjutan dan dapat terus diaplikasikan dikemudian hari,” tutur putra.


Dr. Yuli Perwita Sari, S.T.P., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN kelompok 48 UMBY, memberikan apresiasi dan dukungan atas inisiatif mahasiswa KKN bimbingannya membantu warga dalam kegiatan pembangunan masjid.


“Saya bangga dengan mahasiswa KKN 48, atas partisipasinya dalam kegiatan pembangunan masjid di dusun Semen. Semoga kegiatan ini dapat menjadi manfaat, baik bagi warga dusun Semen, maupun mahasiswa KKN,” ungkap Yuli.


Sementara itu, Wanto selaku Kepala Dusun Semen turut mengungkapkan doa serta harapan atas berlanjutnya pembangunan masjid ini.


 “Semoga dengan adanya bantuan dari rekan mahasiswa KKN UMBY, pembangunan masjid dapat selesai lebih cepat. Aamiin,” ucap Wanto.

PENERIMAAN MABA

Info PMB