HIMATA UMBY Lolos Seleksi Tim PPK Ormawa Kemendikbudristek

Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) meraih prestasi membanggakan dengan berhasil mengikuti seleksi administrasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemendikbudristek) yaitu Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA)


PPK ORMAWA ini merupakan salah satu implementasi dari program Kemendikbudristek yang bertujuan untuk melatih mahasiswa untuk menjadi seorang pemimpin dalam menyelesaikan berbagi permassalahan di masyarakat. Program PPK ORMAWA ini diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.


Mahasiswa yang berhasil lolos dalam seleksi dan berhasil dalam tim PPK Ormawa ini adalah Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMATA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Judul proposal dalam program yang diluncurkan adalah “Insiasi Pusat Edukasi Pewarna Alami Dan Olah Kain Ramah Lingkungan Di Desa Tirtohargo Sebagai Integrasi Eco-Eduwisata Hutan Mangrove Baros”. Program dilaksanakan di kawasan hutan Mangrove Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini berfokus terhadap pengembangan pemanfaatan hasil hutan mangrove berbasis Eco-Eduwisata, dengan mitra KP2B, KWT Baros dan KWT Muneng dan Program ini akan dilaksanakan pada  Juli sampai November


Selama lima bulan mahasiswa akan dengan aktif melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam menjalankan program tersebut. Ika Wulandari, SE., MM selaku dosen pembimbing lapangan menjelaskan bahwa program tersebut tak hanya bermanfaat bagi masyarakat saja namun juga bermanfaat bagi mahasiswa.


“program ini juga menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk belajar hidup bermasyarakat melalui pengalaman yang akan didapatkan selama berada di sana,” ujar Ika Wulandari SE., MM


Sementara itu, Mas Cholis selaku Ketua Keluarga Pemuda Pemudi Kampung Baros (KP2B) selaku Pengelola Hutan Mangrove Baros sebagai penerima manfaat dari program ini mengungkapkan rasa bahagianya.
“saya merasa bahwa program yang dibawa oleh mahasiswa tersebut akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dan berkelanjutan untuk kedepannya,” ucapnya


Pada tanggal 19 Juli 2022 telah dilaksanakan sosialisasi program, pemaparan berupa pengenalan seluruh anggota tim, latar belakang proposal yang diangkat, serta gambaran mengenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama lima bulan kedepan. Acara dilaksanakan di Pendopo Masjid Baros, dan dihadiri oleh dosen, mitra yang terkait diantaranya KP2B, KWT Baros, dan KWT Muneng, serta beberapa lembaga pemerintahan desa setempat.

PENERIMAAN MABA

Info PMB