KKN PPM Mandiri UMBY Kelompok 15, Tingkatkan Kolaborasi Bersama KWT Jasmine

Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkolaborasi dengan masyarakat di Padukuhan Nologaten. Penerjunan kali ini diharapkan mahasiswa dapat bekerja sama dengan baik membentuk solidaritas, kekeluargaan, dan mencapai tujuan dari program kerja KKN-PPM yakni untuk mengembangkan dan pemberdayaan sumber daya alam lingkungan ekowisata di Padukuhan Nologaten.


Mengusung tema “Pengembangan Ekowisata dan Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Jasmine di Padukuhan Nologaten, penerjunan tersebut dihadiri oleh Kepala Dukuh Padukuhan Nologaten yakni Sulistyo Eko Narmono, Amd., Ketua KWT Jasmine yakni Wahyu Hanani, SE, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Eno Casmi, SE,. MBA, masyarakat Padukuhan Nologaten dan Mahasiswa KKN-PPM Mandiri UMBY Kelompok 15. Minggu, (24/07/2022).


Eno Casmi, SE., MBA selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN UMBY kelompok 15 mengatakan, mahasiswa bersama masyarakat di Padukuhan Nologaten diharapkan dapat bersinergi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan program pemberdayaan KWT Jasmine, mengembangkan ekowisata serta menyelesaikan permasalahan yang ada karena selama kurang lebih dua tahun telah terdampak Covid-19.


“Semoga KWT Jasmine lebih bersemangat dan bangkit kembali dalam mengembangkan ekowisatanya agar terwujud pembangunan berkelanjutan dengan program kerja yang telah disiapkan oleh mahasiswa kelompok 15,” ujarnya


Laelaty Mubarokah selaku anggota kelompok 15 KKN UMBY, menyampaikan bahwa  harapannya tujuan dan cita-cita kami tercapai di KWT Jasmine, yakni KWT Jasmine dapat lebih berkembang dan berdaya untuk kesejahteraan padukuhan Nologaten.


“karena KWT Jasmine memiliki banyak potensi sumber daya alam yang mumpuni maka Ekowisata yang dimiliki dapat dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda milenial ataupun tempat wisata keluarga untuk menambah tribe di Ekowisata KWT Jasmine,” katanya


Sulistyo Eko selaku Kepala Dukuh Padukuhan Nologaten, menyampaikan kegiatan KKN ini dapat mempererat tali silaturahim antar masyarakat yang telah lama terdampak karena Covid-19.


“Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Padukuhan Nologaten, harapannya semoga semua program kerja yang disiapkan mahasiswa dapat tercapai,” ucapnya


Mengawali program kerja KKN-PPM Kelompok 15 melakukan kerja bakti bersama dengan masyarakat RT 1 lokasi Ekowisata serta melakukan kembali pembukaan angkringan KWT jasmine di Taman Ekowisata Padukuhan Nologaten. Angkringan KWT Jasmine menggunakan sistem titip jual (konsinyasi). Selain angkringan, KWT Jasmine juga memiliki berbagai olahan lain seperti jamu, jajan pasar dan produk handmade seperti rajutan dan batik diharapkan bisa menambah pemasukan untuk KWT Jasmine. Selasa, (26/07/2022)

PENERIMAAN MABA

Info PMB