Ajarkan Anak Berhemat, KKN 68 UMBY Adakan Sosialisasi Menabung Sejak Dini di Dusun Dalangan

Menabung merupakan aktivitas menyisihkan separuh uang yang disimpan untuk ditabung agar dapat dipergunakan di masa depan. Menabung juga menjadi salah satu kegiatan positif bagi anak – anak, ditambah lagi kegiatan menabung bisa kita terapkan dan tanamkan pada anak sejak dini agar saat dewasa nanti mereka bisa menggunakan uang dengan bijak.


Mengingat pentingya menabung sejak dini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 68 Angkatan XLI Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan sosialisasi menabung sejak dini pada anak-anak di Dusun Dalangan, Kel. Kragilan. Kec. Pakis, Magelang pada Kamis, (04/08/2022).


Menanggapi usulan tersebut, M. Nastain, S.Sos.I.,M.I.Kom, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 68 KKN UMBY menyetujui dan menyampaikan bahwa kesadaran menabung pada anak-anak masih tergolong rendah.


“Usulan yang sangat baik, mengingat zaman sekarang minat menabung khususnya untuk usia anak-anak masih terbilang rendah.” tutur Nastain


Program ini dilaksanakan berdasarkan usulan Eka Yuniarti, selaku salah satu anggota kelompok 68 KKN UMBY dari program studi Akuntansi UMBY yang melihat anak-anak masih lebih suka mengeluarkan uang dibanding menyimpan uang, maka menabung dapat menjadi salah satu alternatif untuk membangun kebiasaan berhemat sejak dini.


“Menabung merupakan salah satu cara terbaik untuk mengelola atau memanajemen uang,” jelas Eka.


Ajeng, selaku Ketua KKN Kelompok 68 UMBY, turut menyampaikan harapan atas dilaksanakannya program ini yakni dapat menumbuhkan kembali minat menabung khususnya pada anak – anak  di Dusun Dalangan


“Harapannya, semoga adanya kegiatan ini, dapat menumbuhkan semangat anak-anak untuk menabung,” ucapnya


Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Dalangan ini disambut dengan baik oleh Bapak Andi selaku Kepala Dusun Dalangan, ia berharap dengan adanya kegiatan ini anak – anak bisa lebih paham pentingnya berhemat.


“saya berharap agar anak – anak lebih lebih paham pentingnya berhemat dan bijak dalam membelanjakan uang,” ucap Andi.


Program ini disambut dengan antusias oleh anak – anak dan juga orang tua yang turut mendampingi. Para orang tua berharap dengan adanya program ini bisa menanamkan kebiasaan menabung sejak dini pada anak. Salah satu orang tua peserta turut mengamini sekaligus menyampaikan rasa terima kasih atas diadakannya kegiatan sosialisasi ini.


“Saya berterima kasih atas diadakannya sosialisasi ini. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, khususnya anak-anak disini. Aamiin,” ucap salah satu orang tua peserta.

PENERIMAAN MABA

Info PMB