Mahasiswa Informatika UMBY Jadi Pembicara di Event Alibaba Cloud

Dalam rangka membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan kinerja yang berujung pada pulihnya ekonomi, Alibaba Cloud kembali mengadakan event tahunan pada Kamis (06/01/2022) pukul 09.00-15.00 WIB dengan tema “1 Day in Life with Alibaba Cloud”.


Acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber yang merupakan partner Alibaba Cloud seperti, 3Dolphins, Desty dan Niagahoster.


Salah satu narasumber event ini Ficky Septian Ali (Product Manager Niagahoster), merupakan mahasiswa aktif Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).


Dalam pemaparannya, Ficky menjelaskan pentingnya nilai untuk memenuhi obsesi pelanggan (Customer Obsession Value) dalam mengembangkan produk dan menjalankan bisnis.


“Produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan atau UKM harus memiliki nilai ini. Pelanggan rela mengeluarkan uang untuk perusahaan demi menikmati produk, bukan untuk memberikan uang cuma-Cuma,” jelas Ficky.


“Konsep bisnis lean startup Niagahoster untuk merilis berbagai macam produk yang dicintai pelanggan serta mengetahui permasalahan utama pelanggan.” tambah Ficky.


Ficky menjelaskan dalam mewujudkan kebutuhan pelanggan ia berkolaborasi dengan Alibaba untuk merilis Virtual Private Server berbasis Kernel pada pertengahan tahun 2021 yang merupakan salah satu layanan terbaik Niagahoster.


“Alibaba memberikan jaminan Uptime hingga 99.995%. Sehingga kita tidak perlu khawatir aplikasi / website tidak bisa diakses.” ungkap Ficky.


Selain itu, Alibaba Cloud juga memiliki teknologi 25G Ethernet Network dengan independent power yang dilengkapi physical security dan fire protection. Hal tersebut yang mendasari ia ingin bekerja sama dengan Alibaba Cloud.


Menurut Ficky terdapat 3 hal yang menjadi pondasi dasar agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat membangun ekosistem bisnis sendiri, yaitu product and service, development and education support dan partnership and loyalty.


“Apabila ingin memiliki bisnis yang terus tumbuh dan berkembang, Entrepreneur harus mau membangun ekosistem sendiri.” tutur Ficky.