Syahadah, Mahasiswa PBI, Diseminasikan Kegiatan SIB

Kamis (6/1/2022) telah diselenggarakan diseminasi laporan akhir kegiatan Studi Independen Bersertifikat (SIB) yang diikuti oleh Syahadah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY).
SIB merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditawarkan oleh Kemendikbud Ristek. Dengan terseleksinya mahasiswa pada kegiatan ini, mahasiswa tersebut berhak mendapatkan konversi dari kegiatan tersebut dalam bentuk maksimal 20 sks. Tak hanya itu, mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan sertifikasi dari keahlian yang sudah dipelajari selama mengikuti Studi Independen tersebut.


“Saya belajar banyak hal dari Studi Independen Bersertifikat ini. Tidak hanya materi yang disampaikan oleh para mentor dengan jelas dan aplikatif, tetapi saya juga menemukan keluarga baru selama SIB ini di PT. Microsoft Indonesia," ungkap Syahadah dalam diseminasinya.
Terhitung empat (4) bulan dari tanggal 30 Agustus 2021 - 23 Desember 2021, Syahadah mengikuti program SIB yang diselenggarakan oleh PT. Microsoft Indonesia dan MariBelajar(Microsoft Global Training Partner) dengan durasi 900 jam pembelajaran.


“Pastinya prodi mengapresiasi lolosnya mahasiswa kami dan keaktifannya selama mengikuti SIB ini. Oleh karenanya, kegiatan diseminasi ini menjadi penting untuk sinkronisasi kegiatan dan laporan yang telah dibuat yang selanjutnya akan ditetapkan dalam SK Konversi rekognisi kegiatan,” disampaikan oleh Elysa Hartati, S.Pd., M.Pd., Ketua Prodi PBI UMBY dalam membuka acara diseminasi.


Turut hadir pula dalam acara diseminasi tersebut para dosen pengampu mata kuliah yang menjadi konversi kegiatan, diantaranya mata kuliah Englishpreneurship, Digital Technology Enhanced Language Learning, Digital Technology Enhanced Language Learning Practicum, Program Pengenalan Lapangan 2, dan Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk transparansi dalam penilaian dengan pendampingan Dosen Pembimbing Lapangan, Valentina Dyah Arum Sari, S.Pd., M.Hum. yang juga hadir dalam acara tersebut.


Kegiatan diseminasi ini diharapkan bisa memicu mahasiswa-mahasiswa lain untuk mengikuti kegiatan-kegiatan MBKM yang sudah ditawarkan oleh Kemendikbud Ristek, karena mereka bisa belajar di luar Perguruan Tinggi yang pastinya akan berbeda dengan perkuliahan reguler di dalam kelas.