Fakultas Psikologi UMBY Selenggarakan Psychology Awards 2021

Psychology Awards merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), untuk memberikan apresiasi kepada civitas akademika yang berprestasi dan berkontribusi dalam memajukan Fakultas Psikologi UMBY.


Kegiatan Pyschology Awards ketiga, tahun 2021 dengan tema “Come Back With Precious Memories Behind The Dark Clouds”  yang diselenggarakan secara virtual ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan berupa perlombaan dan acara malam puncak penghargaan. Ajang ini sangat penting bagi mahasiswa psikologi untuk menyalurkan minat dan bakatnya di berbagai bidang baik secara akademik dan non akademik. Peserta lomba tahun 2021 terdiri dari 44 orang yang merupakan mahasiswa program studi psikologi dari angkatan 2018-2021. Perlombaan dalam Psychology Awards tahun 2021 ini terdiri dari lomba CCT (Cerdas Cermat Tepat), fotografi, melukis dan menyanyikan lagu cover.


Dalam acara malam puncak penghargaan Psychology Award III tahun 2021, dilaksanakan juga kegiatan pentas seni dan kebudayaan yang menampilkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa di Fakultas Psikologi UMBY. Malam puncak penghargaan diikuti oleh 255 tamu undangan yang terdiri dari mahasiswa psikologi angkatan 2017 hingga 2021, para dosen, tenaga kependidikan serta dari HMPS lain di lingkungan UMBY. Malam puncak penghargaan juga menghadirkan bintang tamu seorang YouTuber dan penyanyi popular sekaligus mahasiswa UMBY bernama Mitty Zasia.  


Dosen yang memenangkan nominasi dosen terfavorit adalah Narastri Insan Utami, M.Psi., Psikolog. Sedangkan dosen yang dianggap paling populer adalah Juwandi., M.Psi., Psikolog. Serta tenaga kependidikan terfavorit dimenangkan oleh Ahmad Humaidi.,S.Sos. Selain penghargaan untuk pemenang lomba, juga diberikan penghargaan untuk mahasiswa berprestasi yang dimenangkan oleh Hesdo Celvin Naraha untuk bidang akademik dan Della Zahro untuk bidang non-akademik. Dalam ajang ini juga diberikan predikat best influencer di media sosial untuk mahasiswa yang dimenangkan oleh Aurora Louisa. Sedangkan nominasi mahasiswa terinspiratif dimenangkan oleh Rahma Adellia. Selain pemberian penghargaan kepada individu, juga diberikan penghargaan untuk program kerja terbaik yang dimenangkan oleh Psychovaganza dari divisi Minat dan Bakat HMPS Psikologi.


Menurut Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, S.Psi, M.Psi, Psikolog, kegiatan Psychology Award ini sangat penting sebagai momentum untuk menjawab pembuktian tantangan dan apresiasi kepada seluruh keluarga besar civitas akademika Fakultas Psikologi yang telah berhasil untuk bertahan dan berkreasi dan terus berinovasi dalam segala kegiatan selama pandemi Covid-19. 


“Harapannya dengan kegiatan Psychology Award secara online ini akan terus memberi semangat untuk berkolaborasi antar seluruh civitas akademika untuk saling mendukung dan terus mengembangkan diri lewat dunia virtual,” tuturnya