TIM PkM UMBY Adakan Acara Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing di Desa Bangunjiwo

Minggu, (21/11/2021) Tim Pengabdian kepada Masyarakat  (PkM) Fakultas EkonomiUniversitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan acara Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahan UMKM pada Desa Kalipucang RT 04, Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) .


Acara pelatihan digital marketing tersebut dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta dari berbagai jenis usaha seperti industri gerabah, kerajinan air mancur, pedagang makanan, pengusaha fashion, pengusaha tekstil pakaian, pengusaha toko roti, industri batik dan lain sebagainya. Tim Pengabdian kepada Masyarakat UMBY tersebut diketuai oleh Djaelani Susanto, S.Kom., M.M dan beranggotakan Kakanita Ari Puspitasari, S.E., M.Sc serta menghadirkan pembicara atau narasumber tentang Digital Marketing yaitu Eno Casmi, S.E., MBA.


Pada acara pelatihan digital marketing tersebut para peserta sangat antusias untuk mengikutinya. Sebelumnya Bapak Budi Utoyo selaku Ketua RT Desa Kalipucang RT 04 setempat, memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa kebanyakan usaha yang mereka jalani sampai saat ini adalah masih tergolong usaha turun menurun dari keluarga kakek buyut mereka.


“Pelanggannya juga masih merupakan turun temurun berasal dari keluarga yang pada saat itu menjalankan usaha sampai sekarang. Selama ini para pengusaha juga masih kurang melek teknologi atau dalam istilahnya masih “gaptek” dengan adanya kehadiran teknologi, untuk itu kehadiran tim PkM UMBY sangat bermanfaat dan membantu kami untuk membuka wawasan tentang digital marketing” tutur Bapak Budi Utoyo.


Eno Casmi S.E., M.BA menjelaskan bahwa marketing adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan menawarkan produk yang bernilai kepada pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Digital marketing adalah suatu kegiatan untuk mempromosikan sebuah barang atau brand dengan menggunakan media digital.


“Kenapa harus menggunakan digital marketing karena hal tersebut dapat dijangkau lebih luas, dapat diukur, interaktif dan biaya efektif. Jenis pemasaran digital yang ada meliputi Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, Email Marketing dan Poid ads/ppc marketing,” tuturEno Casmi S.E., M.BA


Djaelani Susanto, S.Kom., M.M selaku ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat  menyampaikan bahwa semoga dengan diadakannya acara Pelatihan Pemanfaatan Digital Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahan UMKM di Desa Kalipucang RT 04, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) para pengusaha setempat yang tadinya “gaptek” teknologi lebih bisa mengenal dan menguasai lagi berbagai platform digital untuk menaikkan omset penjualan produk mereka semisal melalui WhatsApps, Instagram, youtube, facebook, line, tiktok dan lain sebagainya.


“Bahwa yang tadinya produk mereka kurang dikenal luas oleh masyarakat, dapat dioptimalkan lagi sehingga produk-produk yang mereka miliki dapat terjual dan bisa menaikkan omset penjualan produk. Selain itu acara ini juga diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan bagi mereka khususnya mengenai Digital Marketing,” tuturDjaelani Susanto, S.Kom., M.M