Tim Pengabdian UMBY Berikan Pelatihan Mindfulness Parenting

Situasi pandemi yang belum usai membuat anak harus belajar di rumah sementara waktu. Hal tersebut menjadi tekanan tersendiri bagi orang tua yang memiliki berbagai macam peran yang lain. Dengan demikian, orang tua perlu memiliki ketrampilan pengasuhan yang sekaligus mampu merilis emosi-emosi negatif yang mungkin dirasakan karena berbagai peran yang dijalani, salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan pengasuhan dengan berkesadaran penuh. Program Mindfulness Parenting ini bisa menjadi alternatif model parenting yang juga mendukung kesejahteraan psikologis orang tua.


Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan pelatihan mindfulness parenting untuk meningkatkan ketrampilan pola asuh di TK ABA Purwodiningratan Yogyakarta, yang beralamat Jl. Purwodiningratan X, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261. Kegiatan yang diberi nama Pelatihan Mindfulness Parenting ini dilaksanakan pada hari Jumat (12/11/2021) yang terdiri dari 25 orang wali murid dan 5 orang guru TK-ABA Purwodiningratan.


Kegiatan ini diinisiasi oleh Tim PkM UMBY yang terdiri dari Sowanya Ardi Prahara S, Psi., MA., Angelina Dyah Arum S., MPsi., Psikolog dan Erydani Anggawijayanto M.Psi., Psikolog,. Kegiatan ini bertujuan memberikan ketrampilan pengasuhan dengan berkesadaran (mindfulness parenting) untuk meningkatkan ketrampilan pola asuh orang tua.


Mindfulness parenting dapat meningkatkan perilaku kasih sayang pada diri sendiri dan orang lain, terutama anak. Melalui pola asuh mindfulness, orang tua mampu memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri maupun anak tanpa syarat apapun. Hal ini dapat meningkatkan pola asuh yang positif dan mengurangi stres dalam pengasuhan.


Salah satu wali murid menyampaikan perlu diadakan lagi parenting seperti kemarin, bisa per 3 bulan sekali atau per semester. 


“pelatihan ini sangat bermanfaat sekali buat kami, terutama saya sebagai orang tua yang mendampingi anak belajar sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Memberikan pandangan positif sebagai orang tua. terima kasi,” ucap salah satu wali murid


Endah Krispurnami, S.Pd., selaku Kepala Sekolah TK ABA Purwodiningratan menyampaikan rasa terima kasih kepada TIM Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PKM) UMBY karena telah memberikan Pelatihan Mindfulness parenting untuk orang tua wali murid dan guru. “Semoga acara ini bermanfaat bagi para orang tua wali murid dan guru saat mendampingi anak-anak dalam belajar baik di rumah maupun di sekolah. Dan berharap dapat dijalin kerja sama antar lembaga, sehingga acara seperti ini dapat dilakukan secara berkala” tutur Endah Krispurnami, S.Pd.