Fakultas Psikologi UMBY Launching HEMPAS

Sabtu, 9 Oktober 2021, Komunitas Go Giver Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan launching kegiatan baru, yaitu trainer sebaya (peer training) dari dan untuk mahasiswa Psikologi. HEMPAS (Hentikan Emosi Negatif Pastikan Atasi Stress) merupakan tema yang diangkat pada Angkatan 1 ini, dengan tujuan untuk mempersiapkan mental peserta yang merupakan mahasiswa baru fakultas Psikologi UMBY dalam menapaki perannya sebagai mahasiswa, terutama dalam melakukan strategi coping terhadap stress.


Launching kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu tersebut merupakan wadah untuk mempertemukan antara trainer (mahasiswa senior) dengan peserta (mahasiswa baru Psikologi UMBY Angkatan 2021) serta pembekalan awal terkait teknis kegiatan. Selanjutnya trainer dan maba akan menyepakati waktu untuk melakukan kegiatan training dengan tema tersebut.


“Terdapat tahapan yang dilakukan oleh tim Go Giver hingga kegiatan ini dapat terwujud. Pertama tim melakukan publikasi rekrutmen trainer sebaya, proses seleksi dan pembekalan (TOT). Animo mahasiswa senior untuk turut ambil bagian dalam kegiatan ini cukup besar. Hal tersebut dilihat dari banyaknya mahasiswa senior yang mendaftar dan mengikuti proses seleksi dengan ketat hingga didapatkan 20 peer trainer terpilih yang kemudian diberikan TOT sebagai bekal untuk mendampingi adik-adiknya,” ujar Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog selaku pembimbing komunitas Go Giver.


Tak hanya mahasiswa, semangat berbagi juga ditunjukan oleh dosen fakultas Psikologi UMBY. Pada periode ini ibu Martaria Rizky R., M.Psi., Psikolog, selaku dosen fakultas psikologi UMBY sekaligus Pengelola Layanan Psikologi Progresif @progresifpsikologi bersedia untuk melakukan kolaborasi bersama Go Giver dalam memberikan TOT kepada peer trainer.


Go Giver dibentuk oleh Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Go Giver diinisiasi oleh kaprodi S1 Psikologi UMBY, ibu Kondang Budiyani, M.A.,Psikolog pada akhir tahun 2018. Penanggungjawab komunitas Go Giver adalah Kondang Budiyani, M.A.,Psikolog, sedangkan pembimbing komunitas ini adalah Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog. Tim inti Go Giver adalah mahasiswa aktif fakultas Psikologi UMBY. Go Giver juga merekrut para relawan dari mahasiswa Fakultas Psikologi UMBY untuk berkegiatan secara periodik. Hingga saat ini Go Giver telah rutin melakukan kegiatan pengembangan diri kepada mahasiswa, khususnya mahasiswa psikologi UMBY dengan mendatangkan pemateri, baik dari dosen, profesional di luar akademisi maupun alumni fakultas Psikologi UMBY untuk berbagi ilmu dan keterampilan kepada mahasiswa aktif di UMBY, khususnya mahasiswa Psikologi. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Go Giver didasari atas asas kerelawanan dan semangat “Pay it Forward”.  


Kegiatan launching trainer sebaya diawali dengan pembukaan oleh Hendrikus Tri Jatmiko yang merupakan salah satu tim inti Go Giver selaku MC kegiatan dan dilanjutkan dengan sambutan oleh ibu Kondang Budiyani, M.A., Psikolog selaku kaprodi S1 Psikologi UMBY.


“Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi nyata dari matakuliah psikologi pelatihan. Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa nantinya akan mendapatkan berbagai bekal, softskill yang semoga bermanfaat, baik saat berstatus sebagai mahasiswa maupun setelah lulus nantinya. Kegiatan ini merupakan salah satu mimpi beberapa tahun yang lalu dan akhirnya dapat terealisasi di tahun ini. Terima kasih kepada tim Go Giver dan para relawan sehingga kegiatan ini dapat terealisasi. Harapannya agar maba sebagai peserta dapat memegang komitmen serta bersedia untuk membagikan softskill yang dimiliki ke mahasiswa lainnya sehingga ilmu yang didapat dari peer trainer dapat bermanfaat di lingkup yang lebih luas lagi,” ujar bu Kondang Budiyani, M.A., Psikolog saat memberikan sambutan.


Kegiatan ini dihadiri oleh 75 mahasiswa baru fakultas psikologi UMBY Angkatan 2021 dan 20 peer trainer yang juga merupakan mahasiswa senior di fakultas yang sama. Kegiatan yang dimulai pkl 13.00 WIB tersebut diakhiri dengan diskusi intens antara peer trainer dengan peserta di breakoutroom untuk melakukan penjadwalan training per kelompok. Tampak peer trainer dan para peserta begitu antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini hingga tuntas.