Kenali Lebih Lanjut Manfaat Bunga Telang Bersama HIMATEPA

Warna ungu yang menjadi daya tariknya membuat Bunga Telang dikenal luas oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Namun tidak semua tahu akan manfaat yang ditawarkan bunga yang memiliki nama latin Clitorea ternatea ini.


 


Melalui kegiatan edukatif bertajuk "Manfaat Bunga Telang dan Hasil Olahannya", Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMATEPA) UMBY mencoba memperkenalkan lebih lanjut manfaat yang dimiliki oleh bunga ini, pada Sabtu (9/10/21). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.


 


Bersama Yusuf Martani, seorang pembudidaya Bunga Telang sekaligus founder dari Martani Pangan Sehat, HIMATEPA UMBY berkeinginan agar masyarakat dapat memanfaatkan seluruh potensi alam sekitar dengan maksimal, termasuk Bunga Telang ini.


 


Yusuf Martani sendiri mengakui bahwa Bunga Telang belum diolah secara optimal oleh masyarakat. "Bunga Telang merupakan bunga yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, padahal manfaat utamanya adalah sebagai pewarna pada makanan dan mengandung antioksidan," tuturnya.


 


Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa bunga ini dapat diolah menjadi produk bunga kering siap konsumsi apabila dikelola dengan menggunakan teknologi pengeringan yang baik sehingga kandungannya tetap terjaga dan manfaatnya dapat tetap dirasakan oleh masyarakat